Sudah Masuk Indonesia, Begini Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius

Setelah meredanya pandemi Covid-19, kini masyarakat diminta kembali waspada atas penyakit Hepatitis. Yuk simak cara mencegah hepatitis akut misterius berikut ini!

Beberapa waktu lalu, ditemukan kasus tiga anak yang meninggal diduga karena terjangkit hepatitis akut misterius. Kalau begitu, tentu kita wajib waspada dan mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mencegah hepatitis akut misterius  tersebut.

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan pun masih melakukan penelitian lebih lanjut penyakit ini. Sekaligus juga meminta masyarakat agar lebih waspada terhadap kasus hepatitis akut misterius yang menginfeksi anak-anak.

Meski belum diketahui pasti apa yang menyebabkan hepatitis akut pada anak, namun untuk mencegah risiko infeksi ada baiknya kamu melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini.

1. Rajin Mencuci Tangan

Melansir Kompas, menurut Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, masyarakat dapat melakukan pencegahan dengan perilaku hidup sehat dan bersih. Seperti menjaga kebersihan tangan.

2. Mencuci Seluruh Bahan Makanan Hingga Bersih

Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius (via Tirto)

Mencuci bahan makanan yang hendak dimakan atau dimasak seperti buah dan sayur tentu hal yang sangat penting. Karena dengan begitu, bakteri yang menempel bisa dihilangkan terlebih dahulu.

3. Memastikan Makanan Dalam Keadaan Matang dan Bersih

Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius (via Alodokter)

Pastikan makanan yang kamu makan adalah makanan yang sudah benar-benar dalam kondisi matang. Dikhawatirkan jika makanan tersebut kurang matang, maka akan timbul bakteri yang merugikan.

4. Tidak Bergantian Alat Makan

Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius (via Lifestyle Okezone)

Biasakan membawa alat makan sendiri dari rumah. Tentu alat makan di restoran pasti sudah dicuci, namun agar tidak bergantian dengan orang lain, alangkah lebih baik kamu membawa sendok, garpu, dan sedotan dari rumah.

5. Menghindari Kontak Dengan Orang Sakit

Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius (via KlikDokter)

Menjenguk orang sakit tentu tidak ada salahnya. Namun alangkah lebih baiknya tetap menjaga jarak, agar tidak ada virus yang terbawa setelah kamu menjenguk orang tersebut.

Nah, itu tadi cara mencegah hepatitis akut misterius  yang menyerang anak-anak. Pastikan selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan ya.

Cara Mencegah Hepatitis Akut Misterius (via Hermina Hospital)