Jangan Buang Waktu, Ini Alasan Enggak Perlu Dendam pada Orang Lain

Manusia jika sudah merasakan kecewa yang berlebih dan dibiarkan maka akan menjadi dendam dengan orang lain yang telah mengecewakannya.

Setiap manusia pasti pernah merasakan kecewa. Nah, rasa kecewa yang berlebih ini jika dibiarkan maka bisa berubah menjadi rasa dendam pada orang lain . Padahal jika mau mengikhlaskan secara perlahan, rasa sakit karena kecewa tadi akan hilang dan tidak sampai berubah dendam.

Dendam adalah rasa marah yang teramat besar dalam diri seseorang dan terdapat keinginan untuk menyakiti orang lain. Dendam bukanlah sikap yang harus dipertahankan, karena bukan termasuk sikap yang baik.

Beberapa alasan berikut ini akan membuat kamu sadar, kalau menyimpan dendam dengan orang lain itu hanya membuang waktu saja.

1. Kamu Akan Berurusan dengan Hukum

Menyakiti seseorang bahkan sampai menghilangkan nyawa maka kamu harus bersiap-siap berurusan dengan hukum. Jadi sebaiknya urungkan niat kamu untuk membalas dendam jika kamu tidak ingin terseret ke dalam masalah hukum yang lebih berat.

2. Dendam Itu Bikin Sesat

Bahaya Dendam pada Orang Lain (via merdeka)

Orang dengan rasa dendam yang menggebu akan membawa pada kehancuran. Tidak hanya kehancuranmu, tapi juga orang lain. Ketika kamu masih menyimpan dendam dalam hati, maka kamu tetap akan terjebak dalam lingkaran dendam yang menyakitkan.

Jadi lebih baik buang jauh-jauh, ya.

3. Merugikan Diri Sendiri

Bahaya Dendam pada Orang Lain (via Tribun)

Rasa dendam hanya akan membuat kamu rugi. Karena tali persaudaraan yang sudah kamu bina lama akan rusak sekejap saja hanya karena dendam yang kamu simpan. Tidak hanya itu, rasa dendam juga akan membuat kamu menyesal setelah kamu melakukannya.

4. Menambah Beban Pikiran

Bahaya Dendam pada Orang Lain (via Aplikasi Super)

Hidup damai saja, orang pasti sudah dibebani banyak pikiran. Apalagi menambahkan dendam dalam hati. Bukan hanya beban pikiran saja yang bertambah, tapi rasa cemas juga akan menghantui setiap saat.

5. Menimbulkan Penyakit Hati Lainnya

Bahaya Dendam pada Orang Lain (via Pikiran Rakyat)

Rasa dendam tidak akan berdiri sendirian. Ketika kamu menyimpan dendam dengan orang lain, maka penyakit hati lainnya seperti iri dan hasad juga akan menyertai. Misalnya orang yang tidak kamu suka itu justru mendapat keberuntungan, tentu kamu tidak akan senang. Nah, disitu hasad mulai tumbuh.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa alasan kamu enggak perlu dendam pada orang lain . Rasa kecewa itu proses yang seharusnya dinikmati agar menjadi lebih bijaksana nantinya.

Bahaya Dendam pada Orang Lain (via Hello Sehat)