Smartphone Kalian Pasti Cepet Rusak Deh Kalo Sering Lakukan Hal-Hal Ini, Mau?

Smartphone kalian pasti cepet rusak deh kalo sering lakukan hal-hal ini. Mau? Jangan deh sebaiknya.

Smartphone jaman sekarang seolah-olah emang udah menyatu dengan tangan kita. Perasaan kalo tangan kita gatel, smartphone kita juga harus ikut digaruk gitu, hehehe. Smartphone emang perangkat yang lebih banyak menunjang aktivitas sehari-hari kita sih ya.

Tapi sayangnya, gak sedikit orang yang cukup paham soal tata cara memakai smartphone-nya biar tetep awet dan gak cepet rusak. Soalnya selama ini, kita kayak cuman tau gimana cara menggunakan perangkat canggih itu aja.

Padahal, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan. Smartphone kalian harus dirawat biar umurnya panjang. Nah, dikutip dari Liputan6.com, ini dia tips-tips yang harus kalian lakukan. Soalnya, smartphone kalian pasti cepet rusak deh kalo sering lakukan hal-hal ini.

Cache di smartphone dibiarin begitu aja

Cache adalah sejenis memori singgahan dalam smartphone kalian. Ini bisa menumpuk, apalagi kalo kalian sering bukan berbagai situs atau aplikasi yang seabreg-abreg gitu di hape kalian.

Kinerja hape kalian bakal terganggu, terutama yang Android ya. Kalo gitu dihapus dong. Masuk ke menu Setting>> Storage>> Cache Data, terus tinggal dihapus deh cache-nya.

Coba bersihin cache di hape dulu gih (smartponsel.id)

Mengabaikan memori internal

Memori internal adalah bagian yang sering diabaikan para pengguna smartphone. Segala file disimpen dalam perangkat sampe nyaris habis itu kapasitasnya. Coba cek sekarang.

Kalo udah dicek dan ternyata penuh, hmm... kalian harus nguras tuh. Kalian perlu menyortir berbagai file yang kalian simpan. Itu kalo kamu mau smartphone kamu gak tiba-tiba error gitu. Kalo mau sih gapapa, biarin aja penuh.

Baiknya, sisakan ruang penyimpanan hingga 1GB atau 2GB gitu. Sistem dalam smartphone kalian akan bekerja optimal lagi deh pasti.

Perhatikan juga memori internalnya (makeuseof.com)

Mengabaikan RAM

Selain memori internal, RAM di smartphone juga harus diperhatikan gengs. Padahal ini penting, tapi kita seringkali abai soal RAM. Apalagi kalo udah melebihi kapasitas pemakaian tuh.

Kalo pengen hape kalian gak cepet rusak, baiknya cek juga bagian ini. Kelebihan kapasitas bisa terjadi karena sejumlah aplikasi yang dijalankan. Termasuk juga game yang kalian mainkan terus-menerus. Udah gitu berat dan gak compatible buat hape kalian. Jangan gitu deh!

Sisakan ruang RAM biar smartphone kalian bekerja dengan optimal gengs. Lancar dan bisa sat-set gitu deh.

Biar awet, perhatikan RAM di hape kalian (lifehack.org)

Terlalu banyak nyimpen foto, hayooo...

Coba cek, ada berapa banyak foto yang kalian simpen di smartphone kalian? Foto apa aja sih, kepo deh, hehehe.

Jaman kayak begini, semua hal bisa jadi objek menarik buat difoto. Kapanpun dan di manapun, tinggal jepret aja dari hape kita. Tapi ternyata, sistem kita membutuhkan waktu untuk membaca semua foto atau video yang kalian simpan. Kalo ada ribuan foto, berarti RAM di hape kalian bisa kerja super-keras deh.

Coba minta bantuan Google untuk menyortir foto-foto kalian. Google Photos misalnya, itu bakal nyimpen semua foto kalian. Kalo butuh apa, buka, terus tinggal unduh aja deh.

Ya disortir lah foto-fotonya... (avancaproducts.com)

Sering di-charge pas kita tidur, terus kebablasan sampe pagi

Hayo, ngaku aja sih, siapa yang sering begini. Hape kalian sih emang baik-baik aja keliatannya. Tapi kalo hal ini udah jadi kebiasaan, bisa bahaya perangkat hape kalian.

Usia baterai hape kalian bisa berkurang kalo kalian sering nge-charge hape dan ditinggal tidur. Soalnya, durasi pengisian baterai smartphone, ketika lagi gak dipake gitu, sebentar banget. Cuman dua-tiga jam doang.

Kalo kalian tidur bisa 6-8 jam, ya kasian lah baterainya. Sementara kalo di-charge dalam keadaan nyala dan digunakan untuk main game misalnya, itu bakal memaksa perangkat daya jadi berlebih.

Jadi, usahakan jangan di-charge lagi kalo ditinggal tidur. Kalo mau ditinggal tidur, smartphone kalian dimatikan aja dulu. Setel alarm pagi, kan nanti nyala sendiri tuh.

Tuh, jangan dibiasain ya, kalo gak mau cepet rusak sih~ (pcmag.com)