Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Agar Napas Tetap Segar

Bagaimana cara mengatasi bau mulut saat puasa? Yuk kita simak tips mengatasi bau mulut yang sering terjadi ketika kita menjalankan ibadah puasa.

Bau mulut adalah masalah yang sering muncul ketika menjalankan ibadah puasa. Biasanya cara mengatasi bau mulut saat puasa adalah dengan cara menggosok gigi saat sahur. Namun sayangnya, ternyata menggosok gigi saja belum cukup. Lantas, bagaimana tips mengatasi bau mulut saat puasa  agar napas tetap segar?

Masalah bau mulut yang muncul saat puasa tentunya bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Terlebih jika harus bertemu banyak orang seharian. Untuk itu, kamu perlu mencoba tips mengatasi bau mulut saat puasa berikut ini agar napas kamu tetap segar seharian.

1. Berkumur dengan MouthWash

Selain sikat gigi, cara lain untuk atasi bau mulut adalah dengan cara berkumur dengan mouthwash saat sahur. Bau mulut muncul karena adanya bakteri dalam mulut. Nah, mouthwash berfungsi menghilangkan bakteri tersebut.

2. Hindari Minuman Kafein

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (via Hello Sehat)

Saat sahur sebaiknya kamu menghindari minuman berkafein. Misalnya kopi atau teh. Karena ternyata minuman berkafein dapat membuat mulut menjadi kering.

3. Bersihkan Lidah

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (via KONTAN)

Tidak hanya gigi, lidah juga perlu dibersihkan karena juga termasuk sarang bakteri. Kamu bisa menggunakan sikat lidah yang dijual bebas di pasaran.

4. Hindari Konsumsi Gula Terlalu Tinggi

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (via 99)

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan bau mulut lho. Selain itu, kamu juga akan lebih dehidrasi saat berpuasa. Jadi lebih baik kurangi manis dan perbanyak air putih.

5. Minum Jus Buah

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (via Hello Sehat)

Selain memperbanyak air putih, kamu juga disarankan minum jus buah tanpa tambahan gula tentunya. Jus buah ternyata efektif menghilangkan bau mulut saat puasa. Salah satunya adalah jus buah nanas. Nanas dipercaya dapat menghilangkan bau mulut.

6. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (via Suara)

Saat berbuka puasa, semua makanan rasanya ingin kita lahap. Namun sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan bau mulut seperti bawang bombay, bawang putih, petai, jengkol, dan lainnya.

Nah, itu tadi tips mengatasi bau mulut saat puasa . Semoga informasi ini bermanfaat.

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa (via FDC Dental Clinic)