Enggak Cuma Segar, Ini Deretan Manfaat Buah Mangga yang Jarang Diketahui

Di balik rasa segar buah manga, tersimpan sejuta manfaat untuk kesehatan. Yuk cari tahu kenapa kamu wajib mengonsumsinya!

Semua buah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan , salah satunya adalah buah mangga. Ternyata enggak cuma segar saat dimakan, buah ini ternyata juga memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan! Sesehat apa sih?

Dilansir dari berbagai sumber, mangga dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, tembaga (copper), kalsium, zat besi, serta antioksidan seperti zeaxanthin dan betakaroten. Karena itu ada segudang manfaat yang dimiliki buah mangga. Kira-kira apa saja, ya?

1. Menjaga Kesehatan Hati

Bukan enggak bikin sakit hati, ya. Tapi asam dalam buah mangga muda nyatanya mampu meningkatkan sekresi asam empedu dan membersihkan usus dari infeksi bakteri. Sehingga dapat membersihkan racun dalam tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Buah Mangga (via Saprotan Utama)

Menurut tim peneliti Oklahoma State University, kadar gula darah dengan berat badan berlebih bisa berkurang setelah rutin mengonsumsi buah mangga. Penurunan kadar gula darah ini diduga menjadi efek dari senyawa aktif dan antioksidan dalam buah mangga.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Buah Mangga (via Suara)

Manfaat buah mangga lainnya adalah mampu membantu menurunkan berat badan, lho. Tapi dengan syarat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Buah mangga mengandung zat fitokimia yang juga berfungsi sebagai penghilang lemak alami.

Itulah beberapa manfaat  buah mangga yang selama ini kurang diketahui umum. Selain khasiat di atas, buah ini juga diketahui memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Meski demikian, jika kamu memilih gangguan kesehatan tertentu misalnya GERD, konsumsinya harus sesuai anjuran dokter ya! Selamat menjalani hidup sehat!

Manfaat Buah Mangga (via Desa Kedunggudel)