Nonton Film dan Manfaatnya yang Lebih dari Sekadar Menghibur

Nonton film ternyata ada manfaatnya juga ya. Lebih dari sekadar menghibur lho.

Nonton film apa nih belakangan ini gengs? Bagus atau jelek filmnya, kalian berarti telah meluangkan waktu kalian yang berharga untuk menikmati sebuah pertunjukan yang sebenernya menarik.

Mau nonton di bioskop kek, nonton di tv, nonton di laptop, pokoknya agenda menonton emang asik banget. Setiap tahun pun selalu ada aja judul yang menarik untuk ditonton. Mulai dari film Hollywood, Bollywood, Mandarin, Korea, sampe film yang diproduksi di Tanah Air.

Ngomong-ngomong kalian tau gak, ternyata nonton film tuh punya manfaat juga lho gengs. Manfaat yang baiklah tentunya, jadi kebayar deh uang yang kalian bayarkan demi menonton film di bioskop misalnya.

Karena di dunia ini sebenernya gak ada yang gak bermanfaat, kalo gitu simak deh nonton film dan manfaatnya yang lebih dari sekadar menghibur, sebagaimana dilansir dari Kompas.com berikut ini.

1. Belajar hal baru

Nonton film akan menuntun kita pada hal-hal baru yang bisa kita pelajari. Film akan menambah wawasan kita tentang budaya, tokoh, dan lain sebagainya. Film luar negeri juga ngasih kita pelajaran tentang bahasa asing atau nilai-nilai lain yang belum tentu sama di sini.

Belajar hal baru (improvementscatalog.com)

2. Menjaga kesehatan otak

Siapa yang suka genre film horor? Nah, genre film ini ternyata baik untuk kesehatan otak lho. Nonton film bergenre ini memungkinkan otak untuk melepas senyawa kimiawi seperti dopamin, serotonin, serta glutamat.

Genre horor juga memicu pelepasan adrenalin yang punya efek seperti anestesi. Ini baik untuk kesehatan mental karena bisa menurunkan tingkat stres dan rasa cemas.

Suka nonton film horor ga? (1079thelink.radio.com)

3. Mengusir stres

Stres setiap hari bisa diredam dengan nonton film juga nih gengs. Apa pun genrenya, dan kita bisa nikmatin film itu, stres akan sirna! Pikiran juga jadi segar. Nontonnya sama siapa juga bikin orang nanya-nanyain kamu, ehehehe.

Stres sirna sudah (boston.com)

4. Meningkatkan kesadaran sosial

Banyak nilai yang bisa kita petik dari berbagai judul film yang udah diproduksi selama ini. Karena jumlahnya banyak banget, beberapa di antaranya pasti ada deh yang ngena banget buat kalian.

Ambil aja contoh The Pursuit of Happyness (2006). Film drama keluarga ini kece banget, dan nilai perjuangan hidupnya kuat banget. Belom lagi deretan film-film dengan jalan cerita yang cerdas lainnya.

Dengan menonton sejumlah film bertema sosial gitu, kita bisa jadi lebih peka terhadap isu sosial. Apalagi di lingkungan sekitar kita. Pesan-pesan yang ditangkap penonton bisa menygestikan hal-hal baik juga kan. Bagus kan....

Minimal jadi sadar sekeliling kita (icytales.com)

5. Terapi film juga ada lho

Penderita depresi, gangguan mood, dan sebagainya bisa juga nyobain terapi film nih. Psikolog Gary Solomon dari College of Southern Nevada menjelaskan bahwa nonton film juga punya manfaat terapi. Terapi ini disebut cinematherapy.

Gary menyebut kalo kita nonton film sendiri di rumah, seseorang bisa nangis, teriak, hepi, merenung pula. Dan itu bisa kita lakukan tanpa perlu penilaian orang lain.

Film juga memungkinkan penontonnya untuk hanyut dalam ceritanya. Kita bisa aja seolah-olah memerankan tokoh yang ada dalam film tersebut usai menontonnya. Hal ini baik lho buat terapi dan jadi inspirasi untuk perkembangan diri kita.

Nah, itu deh nonton film dan manfaatnya yang lebih dari sekadar menghibur. Selamat menonton gengs.

Terapi sambil nonton film~ (studentedge.org)