Sudah Puasa Tapi Perut Masih Buncit? Mungkin Ini Penyebabnya

Sudah Puasa Tapi Perut Masih Buncit? Mungkin Ini Penyebabnya

Menjalankan ibadah puasa kerap membuat bentuk fisik atau tubuh berubah, salah satunya adalah perut yang membuncit. Padahal dalam seharian penuh, kita sudah tidak mengkonsumsi makanan apa pun.

Dikutip dari Wolipop, berikut ada beberapa penyebab yang membuat kondisi perut jadi buncit selama puasa. Apa saja?

# Makan Terburu-buru

Faktor pertama adalah makan terburu-buru saat berbuka atau ketika sahur. Hal ini membuat kondisi tubuh jadi stres dan membuat perut bengkak.

Fungsi pencernaan dalam tubuh bisa berhenti sehingga kita merasakan begah dan ingin buang angin.

# Kurang Waktu Istirahat

Penyebab perut buncit selama menjalankan puasa (pexels.com)

Waktu tidur selama bulan Ramadhan sudah pasti akan berubah. Nah ternyata, kurangnya waktu istirahat juga bisa membuat nafsu makan meningkat sehingga mengakibatkan perut gampang buncit.

# Makan Sambil Mengobrol

Makan sambil ngobrol membuat udara masuk dan terperangkap dalam sistem pencernaan. Hal ini pun membuat munculnya tekanan, bengkak serta buang angin dalam pencernaan.

# Bakteri Jahat

Gaya hidup yang kurang sehat, seperti mengkonsumsi obat-obatan, mengkonsumsi gula terlalu banyak hingga stress juga bisa merusak bakteri baik.

Maka itu, usahakan untuk mengurangi kebiasaan tersebut supaya pengurangan lemak dalam tubuh bisa berjalan dengan maksimal.

# Stres

Penyebab perut buncit selama menjalankan puasa (pexels.com)

Stres bisa menjadi pemicu kondisi perut yang gampang buncit. Ketika merasa terancam, maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol sehingga akan melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Namun bila tidak, lemak maupun glukosa akan berkumpul di bagian tengah tubuh. Ini juga akan diperparah jika kamu melampiaskan stres dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Penyebab perut buncit selama menjalankan puasa (pexels.com)