Kerajaan Yang Pernah Menguasai Dunia, Luar biasa!

Kerajaan yang pernah menguasai dunia dan wilayahnya luas banget, dan mereka dikala itu sangat berpengaruh banget.

Pada jaman dahulu sering terjadi peperangan antar kerajaan dikarenakan mereka hendak menginvasi dan memperluas wilayah dengan menjajah suatu kerajaan yang sudah terkalahkan.

Yang jelas suatu wilayah yang memiliki hasil sumberdaya alam yang besar dan bisa dimanfaatkan demi pengembangan kerajaaan.

Tapi ya gak semua kekuasaan sebuah kerajaaan berlangsung lama, karena ada beberapa sebab akibatnya beberapa kejayaan negara ini runtuh.

Indonesia juga memiliki beberapa kerajaan besar yang hampir menguasai beberapa wilayah Asia, yaitu Sriwijaya dan Majapahit.

Namun sayang kejayaan dimasa lalu harus usai dikarenakan datangnya Belanda yang sangat mempengaruhi.

Adapun beberapa Kerajaan yang pernah menguasai dunia adalah:

1. Kerajaan Mongol

Pada kala itu, bangsa Mongolia dikenal sebagai pengembara yang banyak menaklukan banyak wilayah.

Hampir semua wilayah Asia dan sebagai Eropa sukses dibabat habis oleh Genghis Khan. Ia dan pasukanya terkenal sangat pemberani, buas dan memiliki strategi perang yang jitu.

Karena beberapa alasan akhirnya kerajaan ini runtuh dan semua negaara jajahanya bebas. Saat ini Mongolia hanya bersisa kecil di Asia Tengah dan kerap ingin di akui China sebagai bagian dari wilayah kekuasaan.

Ilustrasi peperangan bangsa Mongol (arrecaballo.es)

2. Kerajaan Turki Ottoman

Kerajaan yang pernah menguasai dunia adalah kerajaan Turki Ottoman. Kerajaan Turki Ottoman adalah kerajaaan yang sangat kuat diidaerah Eropa dan Asia pada tahun 1400-an. 

Mereka dengan mudahnya merebut Konstatinopel yang saat itu dikuasai oleh kerajaan Eropa. Kekuasaan Turki Ottoman nyaris hampir menguasai seluruh Eropa dan Asia. 

Namun kekuasaan itu berakhir ada tahun 1992 karena beberapa sebab. Saat ini Turki menjadi negara yang cukup maju dari segi pendidikan dan budaya. 

Ada percampuran budaya Timur dan Eropa disana. Kalau saja kekuasaan kerajaan Ottoman gak runtuh mungkin saja saat ini Turki menjadi Negara dengan teknologi Modern dan jauh lebih kuat.

Ilustrasi Kerajaan Ottoman (reportasenews.com)

3. Kerajaan Inggris

Seperti yang diketahui, Kerajaan yang pernah menguasai dunia selanjutnya adalah kerajaan Inggris yang mencapai kejayaanya dan memiliki tanah jajahan sekitar 33,7 juta km persegi hampir diseluruh dunia.

Tanah itu mencakup Rusia, India, Kanada bahkan sampai beberapa negara di Afrika seperti Afrika Selatan.

Pada saat ini Inggris gak memiliki wilayah itu meski dalam beberapa hal piha kerajaan masih diakui sebagai yang berkuasa di sana.

Saat Inggris menjajah, banyak hal telah mereka sebarkan melalui tentara. 

Ilustrasi Kerajaan Inggris (Grid.id)

4. Kerajaan Roma

Kerajaan yang pernah menguasai dunia yang selanjutnya adalah kerajaan Roma. Kerajaan Roma adalah suatu kerajaan yang memiliki pengaruh besar pada dunia. Kekuasaanya yang dapat mencapai 1.500 sangat menyumbang banyak aspek. 

Mulai dari agama, arsitektur, hukum, filsafat hingga bahasa. Kerajaan roma pernah mengalami masa keemasan hingga mampu menguasaibanyak wilayah Eropa.

Kekuasaanya makin melemah ketika banyak negara dari kawasan Jazirah Arab dan juga Eropa yang balik menyerang dengan kekuatan yang lebih besar.

Ilustrasi Kerajaan Roma (boombastis.com)

5. Kerajaaan Spanyol

Kerajaaan ini dimasalalunya juga termasuk kerajaan yang keraap melakukan misi penjajahan, Mereka  menyerang daerah-daerah seperti Amerika Selatan dan Tegah, Serta beberapa negara di Asia. 

Bekas jajahan Spanyol biasanya memiliki budaya dan bahasa yang sangat kental, contohnya seperti negara Meksiko yang menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa nasional mereka.

Kini Spanyol hanyalah negara kecil di bagian eropa. Meskipun demikian kekuasaan dan kejayaan dimasa lalu gak bisa terlupakan. 

Pasalnya apa yang dilakukan oleh negara Spanyol hampir sama dengan yang dilakukan kerajaan Inggris.

Waaah luar biasa banget ya sisi historikal dari beberapa negara ini, di masa lalu mereka bisa sampai berbuat seperti itu, hampir menguasai dua benua.

Ilustrasi Kerajaan Spanyol (boombastis.com)