Tak dapat dipungkiri bahwa TikTok adalah jejaring sosial favorit saat ini. Tak hanya dianggap lebih seru, dari segi peluang bisnis, TikTok juga dianggap lebih menghasilkan. Tahun 2022 ini apalagi, proyeksi pendapatan iklan TikTok jadi lebih menjanjikan dibanding sebelumnya.
Menurut laporan Insider Intelligence, jejaring sosial China ini akan menghasilkan pendapatan lebih dari $11 miliar dolar, tiga kali lipat yang diperoleh selama setahun terakhir. Dari angka itu, khusus $6 miliar koresponden Amerika Serikat akan memiliki pertumbuhan pendapatan sebesar 184,5%.
Studi tersebut menunjukkan bahwa TikTok akan melebihi pendapatan gabungan Twitter ($5,8 miliar) dan Snapchat ($4,86 miliar) tahun ini dan akan mempertahankan 2,4% dari total investasi iklan digital sebesar $250 miliar dolar, hanya satu poin persentase di bawah YouTube. Angka ini akan mencapai 3,5% pada tahun 2024.
Meskipun pendapatannya masih jauh dari 28,2% Google ($70,5 miliar) dan 22,3% Meta ($55,75 miliar), pertumbuhannya masih mengesankan. Apalagi mengingat kekhawatiran yang pernah ada seputar keamanan data pengguna.
Contoh iklan di TikTok (pandagila.com)
# Seberapa Populer TikTok?
Menurut situs statistik dan data, Datareportal, TikTok memiliki satu miliar pengguna aktif pada September 2021, peringkat keenam di antara platform media sosial.
Situs tersebut menunjukkan bahwa, potensi jangkauan pengiklan pada Januari 2022 adalah lebih dari 884 juta pengguna.
TikTok global user spending (hargabelanja.com)
Meskipun begitu, peringkat pertama jejaring sosial terbesar tetaplah Facebook dengan 2,9 miliar pengguna aktif per bulan. Setelah itu, baru diikuti oleh YouTube (2,5 miliar), WhatsApp (2 miliar), Instagram (1,4 miliar), WeChat (1,2 miliar), dan TikTok (1 miliar).
Gimana ges, kalian yang lagi getol nyari duit di TikTok tambah semangat dong pastinya.
Contoh penghasilan TikTok Ria Ricis (manyasahilmu.com)