Nggak Usah Takut, Ini Lho Alasan Perempuan Harus KB

Mengetahui alasan kenapa perempuan harus KB sangat penting karena selain menginginkan jumlah anak, juga agar bisa mengatur kehamilan yang diinginkan.

Ada beberapa alasan kenapa perempuan harus KB . Merencanakan kehamilan itu penting, dengan begitu kamu dan pasangan bisa mengatur jarak kehamilan dan jumlah anak yang akan dimiliki. Salah satu cara untuk merencanakan kehamilan di Indonesia adalah dengan melakukan Keluarga Berencana atau KB.

KB atau program Keluarga Berencana merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menekan angka kelahiran. Umumnya, jarak waktu kehamilan yang disarankan adalah 2-5 tahun. Pertimbangan ini bertujuan agar suami-istri memiliki waktu cukup untuk mengurus anak yang baru saja lahir.

Tidak hanya untuk mengendalikan jumlah kelahiran, ternyata KB juga memiliki manfaat lain lho. Dirangkum dari berbagai sumber, ini nih alasan kenapa perempuan harus KB.

Siklus Menstruasi Menjadi Lebih Teratur dan Minim Rasa Sakit

Jika kamu mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, nah penggunaan pil KB bisa membuat siklus menstuasimu menjadi lebih lancar.

Selain siklus menstruasi menjadi lebih teratur, penggunaan KB juga akan membuat ibu terbebas dari nyeri selama menstruasi.

Jarak Kehamilan yang Ideal

Alasan Kenapa Perempuan Harus KB (via SehatQ)

Jarak kehamilan yang ideal akan mengoptimalkan orangtua dalam mendampingi tumbuh kembang anak. Selain itu, hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas hubungan antara suami dan istri.

Kesehatan Reproduksi yang Terjamin

 

Alasan Kenapa Perempuan Harus KB (via Orami)

Gangguan kesehatan reproduksi pada perempuan biasanya muncul karena hamil pada usia terlalu muda, hamil di usia tua, atau hamil dengan jarak berdekatan. Nah, maka dengan penggunaan KB maka kesehatan reproduksi akan lebih terjaga.

Menurunkan Resiko Kanker Ovarium

Alasan Kenapa Perempuan Harus KB (via Universitas Gadjah Mada)

KB dapat melindungi dan mencegah munculnya kanker ovarium. Dengan dipasangnya KB, maka ibu akan rajin kontrol ke bidan atau dokter kandungan. Nah, jika muncul kanker, maka akan terdeteksi sedini mungkin.

Menurunkan Risiko Radang Panggul

 

Alasan Kenapa Perempuan Harus KB (via CNN Indonesia)

KB Hormonal seperti KB suntik bisa membuat lendir serviks menjadi lebih kental. Hal tersebut mengakibatkan virus akan lebih sulit untuk menginfeksi. Sehingga risiko radang panggul akan menurun.

Biasanya rasa takut menggunakan KB itu muncul karena kurangnya pengetahuan tentang KB. Maka dari itu, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan kamu.

Sekarang sudah tahu kan alasan kenapa perempuan harus KB .  Pilih KB yang aman dan nyama kamu gunakan, ya.

Alasan Kenapa Perempuan Harus KB (via Hello Sehat)