Manfaat Vitamin B Complex Berdasarkan Jenisnya

Manfaat Vitamin B Complex Berdasarkan Jenisnya

Memenuhi kebutuhan vitamin merupakan hal yang perlu dilakukan oleh semua orang. Ada berbagai jenis vitamin yang diperlukan tubuh termasuk vitamin B complex. Lantas apa itu vitamin B dan apa saja manfaat vitamin b complex  untuk kesehatan?

Vitamin B merupakan stimulus yang mengubah makanan jadi bahan bakar di dalam tubuh. Vitamin jenis ini untuk menjaga fungsi tubuh agar tetap berjalan.

Sesuai dengan namanya, vitamin B complex mempunyai beberapa turunan vitamin yang dibagi jadi delapan jenis yaitu B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin).

Setiap vitamin B ini punya fungsi yang berbeda-beda. Akan tetapi semua vitamin B complex ini punya manfaat bagi kesehatan badan. Lantas apa saja manfaat vitamin B complex berdasarkan jenisnya?

Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan vitamin yang dapat larut dalam air. Kalian bisa menjumpai vitamin ini pada beberapa jenis makanan, ditambahkan dalam makanan, atau hadir dalam bentuk suplemen. Manfaat dari vitamin B1 adalah membantu badan mengubah karbohidrat makanan jadi energi. Selain itu untuk pertumbuhan, perkembangan sel tubuh. Dan yang terakhir untuk meningkatkan kesehatan otot, sistem saraf, dan otak.

Vitamin B2

Manfaat Vitamin B Complex (via PT Novapharin Pharmaceutical Industries)

Vitamin B2 bisa kalian temukan secara alami dalam makanan. Umumnya, bakteri pada usus yang sehat dapat menghasilkan riboflavin dalam jumlah kecil, namun tak cukup memenuhi kebutuhan harian. Manfaat dari vitamin B2 adalah untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf. Selain itu itu berguna juga untuk produksi dan pertumbuhan sel darah merah.

Vitamin B3

Manfaat Vitamin B Complex (via Jovee)

Vitamin B3 dibagi menjadi dua jenis yaitu nikotinat dan nikotinamida. Manfaat Vitamin B3 adalah untuk membantu fungsi enzim. Selain itu untuk meningkatkan sistem pencernaan, kulit, dan sistem saraf. Dan yang terakhir untuk produksi hormon seperti hormon seks dan kortisol.

Vitamin B5

Manfaat Vitamin B Complex (via SehatQ)

Vitamin B5 merupakan vitamin yang membantu tubuh memanfaatkan lemak dan protein. Manfaat yang diperoleh dari vitamin B5 ini adalah membantu untuk produksi sel darah merah, kolesterol, membantu menghasilkan hormon seks.

Vitamin B6

Manfaat Vitamin B Complex (via DokterSehat)

Beberapa manfaat vitamin B6 yaitu membantu menghasilkan insulin, melawan infeksi, dan membuat asam amino non-esensial. Sumber vitamin B6 pun tak jauh berbeda dengan sumber vitamin B lainnya yaitu ayam, pisang, ikan, kentang, kacang-kacangan.

Vitamin B7

Manfaat Vitamin B Complex Berdasarkan Jenisnya (via Hello Sehat)

Manfaat vitamin B7 mempunyai segudang manfaat bagi tubuh yaitu untuk menghasilkan asam lemak, meningkatkan pertumbuhan, kesehatan tulang, dan rambut.

Vitamin B9

Manfaat Vitamin B Complex (via LiniSehat)

Vitamin B9 memberikan manfaat seperti mengurangi risiko kelainan bentuk tulang belakang dan otak. Selain itu, vitamin ini juga membantu sel menghasilkan dan menjaga DNA.

Vitamin B12

Manfaat Vitamin B Complex (via Truebasics)

Vitamin B12 bermanfaat meningkatkan fungsi dan perkembangan otak. Selain itu juga untuk mencegah anemia dan penting untuk metabolisme protein.

Nah, itu tadi manfaat vitamin B complex  yang harus diketahui berdasarkan jenisnya. Jadi jangan sampai salah mengkonsumsi ya.

Manfaat Vitamin B Complex (via Jovee)