Manfaat Senam Kegel, Tak Hanya Sehat Juga Bikin Mantap Di Ranjang, Lho!

Kebanyakan perempuan melakukan senam yang satu ini selain untuk kesehatan juga untuk memuaskan pasangan di atas ranjang, benarkah manfaat senam kegel untuk itu?

Bagi perempuan yang sudah pernah hamil, senam kegel tentu sudah tidak asing lagi ditelinga. Ternyata manfaat senam kegel  banyak sekali. Salah satunya bikin para istri lebih mantab di atas ranjang. Benarkah demikian?

Senam Kegel merupakan latihan yang memiliki fokus pada otot panggul. Senam yang juga dikenal dengan latihan dasar panggul ini melibatkan kontraksi dan relaksasi berulang otot-otot yang membentuk bagian dari dasar panggul.

Enggak hanya untuk perempuan, manfaat senam kegel juga baik untuk laki-laki. Jadi kamu bisa melakukan senam ini bersama suami. Selain lancarkan persalinan, kira-kira apalagi ya manfaat senam kegel untuk perempuan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya.

Merapatkan Miss V

Area Miss V bisa saja melebar karena sudah mengalami proses melahirkan. Nah, untuk menjaganya agar tetap rapat. Kamu bisa melakukan senam kegel. Tentu ini bermanfaat untuk mengencangkan Miss V yang mengendur. Dijamin kegiatan ranjang akan lebih mantab, deh.

Mempercepat Pemulihan Kondisi Vagina Setelah Episiotomi

Manfaat Senam Kegel (via theAsianparent)

Apa itu  Episiotomi? Episiotomi adalah kondisi ketika Miss V digunting saat melahirkan. Nah dengan melakukan senam kegel, maka sirkulasi darah pada area Miss V akan semakin lancar.

Meningkatkan Performa Seksual

Manfaat Senam Kegel (via tagar id)

Orgasme sangat membutuhkan kekuatan dari otot dasar panggul. Karena itu otot dasar panggul merupakan salah satu faktor dalam mencapai kenikmatan seksual kamu dan pasangan. Maka dari itu senam kegel dapat menjaga kebugaran seksual kamu dan pasangan.

Membantu Permasalahan Buang Air Kecil

Manfaat Senam Kegel (via Hello Sehat)

Melansir Management of Female Incontinence with Kegel Exercises, senam kegel ternyata bermanfaat untuk mengatasi masalah sulit menahan buang air kecil.

Seiring dengan pertambahan berat badan atau usia, maka otot-otot dasar dari panggul yang memang menopang kandung kemih bisa melemah. Dan hal itu bisa membuat kamu tidak sengaja mengeluarkan urine saat bersin, batuk, atau tertawa.

Nah, itu tadi manfaat senam kegel  untuk perempuan yang bisa kamu coba. Selamat mencoba, ya.

Manfaat Senam Kegel (via detikHealth)