6 Jajanan Langka Dari Berbagai Daerah Karena Cuma Ada Di Bulan Puasa, Kamu Sudah Coba Yang Mana Nih?

6 Jajanan dari berbagai daerah ini terbilang langka karena hanya ada di bulan puasa, salah satunya lemang.

Nuansa bulan Ramadhan  menjadi salah satu yang membuat rindu umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satunya berkaitan dengan jajanan . Berburu camilan untuk disantap saat berbuka puasa menjadi kebiasaan yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat dari berbagai usia.

Di berbagai daerah, rupanya ada kuliner khas yang hanya muncul saat bulan puasa tiba. Jajanan itu pun langsung menjadi incaran untuk menu buka puasa. Lantas apa saja jajanan khas yang hanya ada di bulan Ramadhan itu? Simak penjelasannya di bawah ini sampai habis ya!

1.    Bongko Kopyor

Kuliner sajian khas Gresik, Jawa Timur ini mirip dengan bubur sumsum namun dengan tekstur yang lebih encer dan agak kenyal serta lembut. Nama bongko kopyor sendiri merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu yang hanya ada saat bulan Ramadhan ini terbuat dari campuran roti tawar, kelapa muda, pisang, nangka, bubur mutiara, dan santan yang dibungkus daun pisang dan dikukus.

2.    Lemang

Foto: Kuliner Ramadhan (Kumparan)

Lemang merupakan kuliner unik yang ada saat bulan Ramadhan tepatnya di daerah Melayu yaitu Minangkabau. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi beras ketan ini kemudian dicampur santan kelapa dan dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang.

3.    Pakat

Foto: Kuliner Ramadhan (DetikFood)

Pakat adalah makanan khas dari Mandailing Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kuliner yang hanya tersedia di bulan Ramadhan ini terbuat dari pucuk muda sejenis rotan yang disajikan dengan cara dibakar lebih dulu sampai matang. Namun kadang, ada yang menyajikannya dengan cara direbus kemudian dibuang kulit luarnya. Punya tekstur yang sangat lembut, pakat biasanya disantap dengan nasi sebagai lalapannya, atau dicampur dengan berbagai sayuran lalu ditambah dengan cabe dan irisan bawang. Pakat juga bisa dinikmati dengan cara dicocol dengan sambal.

4.    Kicak

Foto: Kuliner Ramadhan (Liputan6)

Jajanan khas yang ada hanya ada di bulan puasa berikutnya adalah kicak. Kuliner unik asal Yogyakarta ini terbuat dari singkong yang dikukus. Saat dimakan, kicak akan terasa lembut dan manis. Untuk melengkapi rasa, kicak biasanya dilengkapi dengan taburan parutan kelapa diatasnya untuk menambah rasa asin. Kicak semakin nikmat jika ada potongan buah nangka dan daun pandan.

5.    Sotong Pangkong

Foto: Kuliner Ramadhan (Kumparan)

Kuliner berasal dari Pontianak ini memakai bahan dari sotong atau cumi yang dikeringkan menggunakan arang yang dibakar. Awalnya, sotong dikeringkan di atas arang lebih dulu sambil dipukul-pukul sampai berbentuk pipih. Kamu bisa menikmati kuliner yang hanya dijual saat bulan Ramadhan ini dengan perpaduan sambal kacang, sambal asam pedas manis, atau cuka.

6.    Sate Susu

Foto: Kuliner Ramadhan (Tribun Travel)

Sate susu adalah kuliner khas yang ada saat bulan Ramadan yang berasal dari Kampung Jawa, Desa Wanasari, Denpasar Barat. Seperti namanya, makanan ini dibuat dari puting susu sapi yang dipotong-potong berbentuk dadu, kemudian direbus lalu diberi bumbu yang khas. Bumbu sate ini juga punya ciri khas yakni menggunakan tepung beras yang dicampur dengan santan dan aneka rempah-rempah sebagai bumbunya seperti kencur, cabai merah, cabai rawit, dan bawang putih.

Foto: Kuliner Ramadhan (Kompas Travel)