Cuma Mitos! Minum Air Kelapa Menjelang Lahiran Tidak Membuat Bayi Lebih Bersih, Gini Faktanya Menurut Ahli

Penjelasan ahli soal air kelapa yang ternyata tidak berhubungan dengan bayi lahir bersih.

Banyak ibu hamil  yang percaya kalau banyak minum air kelapa  bisa membuat bayi yang dikandungnya lahir dengan kulit bersih dan berkulit putih. Karena anggapan ini, tidak sedikit ibu hamil yang akhirnya memutuskan untuk rutin mengkonsumsi air kelapa.

Bahkan ada banyak wanita yang sudah meminum air kelapa sejak awal kehamilannya. Lantas apakah benar manfaat air kelapa tersebut? Rupanya, anggapan tentang manfaat minum air kelapa membuat bayi bersih hanya mitos belaka.

“Air kelapa bisa bikin bayi bersih itu cuma mitos. Tentu saja air kelapa bagus karena banyak mengandung kalium, elektrolit dan vitamin lainnya, tapi bukan bikin bayi bersih,” kata dokter spesialis kandungan, Dr. Sri Pudyastuti, SpOG (K) yang dikutip dari Detikcom, 31 Maret 2022.

Saat lahir, umumnya bayi dipenuhi lapisan tebal berwarna putih seperti keju atau lilin yang disebut vernix caseosa. Untuk sebagian orang, lapisan ini biasanya dianggap sebagai ‘kotoran’ sebagian orang. Padahal, lapisan itu sebagai pelindung kulit bayi selama dia berada di dalam kandungan.

Saat bayi lahir, lapisan itu akan terserap oleh kulit bayi dan lama kelamaan akan menghilang atau mengelupas dengan sendirinya saat dibersihkan. Menurut sang dokter, bayi akan bersih dari lapisan vernix jika lahir cukup bulan, bukan karena ibunya minum air kelapa saat hamil.

“Janin makin tua akan makin bersih karena lemak vernik semakin berkurang. Kalau dia lahir cukup umur diatas 36 minggu maka akan lahir bersih. Kalau kurang bulan maka masih ada lemak fernik di kulitnya, itu bukan kotor tapi lemak yang melindungi janin di perut ibu,” sambungnya.

Foto: Ibu Hamil Minum Kelapa (Jovee)

Meski begitu, Dr. Sri tetap menganjurkan ibu hamil untuk minum air kelapa karena khasiatnya yang baik untuk ibu dan janin. Air kelapa diketahui mengandung klorida, kalium, magnesium, moderat jumlah gula, natrium dan protein yang tinggi.

Adapun kalium dari air kelapa dapat membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung, juga merupakan sumber yang sangat baik dari serat, mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C. Selain itu, dikutip dari laman Alodokter, minum air kelapa saat hamil juga bisa memberikan khasiat seperti mencegah dehidrasi, meredakan morning sickness, dan menurunkan tekanan darah.

Foto: Ibu Hamil Minum Kelapa (theAsianParent)