Hukum Perempuan Salat Tarawih di Masjid, Bolehkah?

Jika berdasarkan hadits shahih, perempuan sebaiknya melakukan salat di rumah. Namun bagaimana hukum perempuan salat tarawih di masjid ketika bulan Ramadhan?

Selain salat wajib 5 waktu, ada lagi tambahan salat sunnah yang dikerjakan hanya di Bulan Ramadan yaitu salat tarawih. Biasanya salat ini dilakukan secara berjamaah di masjid, namun bolehkah perempuan salat tarawih di masjid? Bagaimana sebenarnya hukum perempuan salat tarawih  di masjid?

Seperti sabda Nabi SAW "Siapa yang melakukan qiyam Ramadhan (salat tarawih) karena iman dan mengharap pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim). Maka dari itu, semua umat muslim baik laki-laki maupun perempuan akan berlomba-lomba memperbanyak ibadah di Bulan Ramadan.

Namun sayangnya ada pertanyaan tentang hukum perempuan salat tarawih di masjid. Agar lebih tahu, yuk kita cari tahu penjelasannya berikut ini.

Mengutip kabarlumajang, menurut Ustadz Dr Firanda Andirja, MA, seorang perempuan lebih baik mengerjakan shalat di rumah daripada di masjid. Namun meski dikerjakan di rumah, perempuan yang mengerjakan salat tarawih akan mendapatkan pahala yang sama dengan laki-laki salat tarawih di masjid.

Hukum Perempuan Salat Tarawih Di Masjid (via Kompas)

Seperti dikatakan dalam hadits shahih Al Albani dalam Shahih Abu Dawud, “Salatnya seorang perempuan di kamarnya lebih utama daripada salatnya di ruang tengah rumahnya. Dan salatnya seorang perempuan di ruangan kecil di dalam kamarnya lebih utama dari salatnya di kamarnya”

Hal tersebut dikarenakan salat di rumah bagi perempuan akan lebih menjaga dirinya dari fitnah.

Hukum Perempuan Salat Tarawih Di Masjid (via Tribun Sumsel)

Meski lebih baik seorang perempuan salat di rumah saja, namun tetap boleh melaksanakan salat di masjid dengan beberapa syarat diantaranya adalah

•    Menutup aurat ketika keluar rumah dan berhijab dengan hijab syar’i

•    Telah diizinkan oleh suami atau oleh wali

•    Tidak memakai wewangian

•    Menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang syariat seperti bercampur-baur dengan lelaki, bersalaman dengan lelaki non-mahram

Nah sekarang sudah paham kan tentang hukum perempuan salat tarawih di masjid . Semoga informasi ini bermanfaat.

Hukum Perempuan Salat Tarawih Di Masjid (via Bincang Muslimah)