Sering Ketuker, Ternyata Ini Perbedaan Mencolok Ayam Geprek, Ayam Penyet Dan Ayam Gepuk, Sudah Tahu Belum Nih?

Perbedaan mencolok antara ayam geprek, ayam penyet dan ayam gepuk.

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan menu ayam geprek , ayam penyet  dan ayam gepuk kan? Ketiga menu ayam goreng tersebut masih jadi favorit masyarakat di Tanah air. Menu makanan ini sangat mudah ditemui dimanapun, termasuk di warung makan kaki lima. Tapi masih banyak orang yang tertukar dan menganggap ketiga makanan itu sama. Padahal, tiga menu ayam goreng  tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja perbedaan ayam geprek, ayam penyet dan ayam gepuk? Berikut penjelasannya!

1.    Tekstur Ayam

Ketiga jenis menu olahan ayam tersebut dinikmati dengan cara digoreng. Tapi bedanya sebelum digoreng, ayam geprek diolah dengan menggunakan balutan tepung yang renyah mirip seperti ayam di gerai KFC atau MCD. Sementara ayam gepuk dan ayam penyet diungkep lebih dulu dengan bumbu kuning sebelum akhirnya digoreng sampai kering.

2.    Sambal Yang Digunakan

Foto: Ayam Geprek (Dapur KOBE)

Ayam geprek biasanya disajikan dengan sambal bawang yang memiliki rasa pedas luar biasa. Tapi kini, banyak gerai ayam geprek yang mengkreasikan jenis sambalnya. Ada yang menggunakan sambal matah, sambal hijau, tambahan keju mozarella, keju parut sampai saus telur asin. Ayam gepuk juga menggunakan sambal bawang yang pedasnya nampol.

Namun ada perbedaan sambal bawang yang digunakan karena beberapa penjual ayam gepuk menambahkan kacang mede sangrai di racikan sambalnya. Oleh karena itu, terkadang ada sedikit tekstur renyah dan gurih kacang mede pada ayam gepuk. Sedangkan, sambal yang umumnya digunakan untuk ayam penyet adalah sambal bawang atau sambal korek, sambal terasi, dan sambal tomat.

3.    Cara Penyajian

Foto: Ayam Gepuk (Selerasa)

Sesuai namanya, makanan yang pertama kali muncul di Yogyakarta ini dimemarkan lebih dulu menggunakan ulekan bersamaan dengan sambalnya sebelum disajikan pada pelanggan. Aslinya, ayam geprek dimemarkan sampai seluruh bagian ayam remuk. Tapi sekarang, banyak ayam geprek yang hanya dimemarkan sedikit saja.

Sama seperti ayam geprek, ayam gepuk juga dimemarkan namun hanya sedikit bagian saja tidak sampai hancur. Lalu diberikan topping sambal bawang. Sementara ayam penyet disajikan dengan cara dipenyet atau dimemarkan lalu diletakkan di atas cobek. Biasanya, ayam penyet juga disajikan dengan tahu, tempe goreng dan lalapan.

Foto: Ayam Penyet (Orami)