Disebut Bisa Mengobati Covid-19, Ini 4 Manfaat Daun Sungkai untuk Kesehatan

Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan manfaat daun sungkai yang disebut dapat mengobati pasien Covid-19.

Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan manfaat daun sungkai  yang disebut dapat mengobati pasien Covid-19. Namun benarkah daun sungkai atau daun yang biasa disebut daun jati sabran ini dijadikan obat tradisional untuk mengatasi Covid-19?

Selain dipercaya sebagai obat Covid-19, daun sungkai ternyata sudah lama digunakan untuk mengatasi penyakit tertentu. Bahkan banyak dimanfaatkan untuk ibu hamil dan menyusui. Berikut fakta dan manfaat daun sungkai.

Antibakteri

Manfaat daun sungkai adalah sebagai obat kumur dan penyembuhan luka secara alami lantaran mengandung senyawa antibakteri. Penggunaan daun sungkai sebagai obat ini sudah lama digunakan oleh masyarakat di Kepulauan Riau. Daun sungkai biasanya digunakan dengan cara direbus untuk mengatasi penyakit kurap dan obat kumur untuk mengatasi infeksi gigi.

Imunitas

Manfaat Daun Sungkai (via Tribun Kaltim)

Daun sungkai juga bisa meningkatkan imunitas. Manfaat daun sungkai sebagai menambah imun ini sudah dipercaya lama oleh masyarakat suku Lembak di Bengkulu. Biasanya bagian yang digunakan yaitu daun sungkai yang masih muda. Daun sungkai yang masih muda berwarna ungu kemerah-merahan. Caranya satu genggam daun sungkai direbus dan ditambah air tawar, kemudian diminum.

Covid-19

Manfaat Daun Sungkai (via Bukalapak)

Daun sungkai disebut sebagai tanaman yang dapat digunakan untuk mengatasi Covid-19. Kabar ini pun menyebar luas di masyarakat hingga mereka menggunakan obat sungkai sebagai obat tradisional. Akan tetapi sayangnya klaim ini tak terbukti secara ilmiah. Walaupun demikian, daun sungkai mempunyai senyawa yang dapat menambah stamina dan sistem imunitas.

Malaria

Manfaat Daun Sungkai (via Orami)

Daun sungkai ternyata bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit malaria. Hal ini karena daun sungkai punya sifat antipiretik yang bermanfaat untuk menurunkan panas yang merupakan gejala malaria.

Daun sungkai punya banyak zat aktif seperti sitosterol, peronemin, phytol, isopropanol, flavonoid dan dipterpenoid yang dapat meningkatkan kadar leukosit. Seperti diketahui leukosit adalah sel yang membentuk komponen sel darah. Dengan meningkatnya sel darah putih, maka akan membantu badan dalam melawan infeksi.

Ternyata banyak manfaat daun sungkai  yang belum diketahui, terutama kegunaannya untuk kesehatan. Disamping menggunakan obat dari dokter untuk penyembuhan, menggunakan daun sungkai untuk mendukung proses penyembuhan juga diperbolehkan lho. Selamat mencoba!

Manfaat Daun Sungkai (via Berita Pagi)