Tips Bekerja Saat Puasa, Tetap Produktif Selama Bulan Ramadan

Siapa bilang Ramadan membuatmu lemas dan tak sanggup bekerja? Yuk lakukan tips bekerja saat puasa berikut ini!

Bulan Ramadan  umumnya memang berdampak cukup besar pada produktivitas kerja. Karena merasa lapar dan haus saat berpuasa, banyak orang yang merasa lemas sehingga menjadikannya alasan untuk bermalas-malasan. Meski demikian, dengan dateline yang menggunung, bagaimana caranya agar kembali semangat bekerja?

Well, jika ingin sukses dunia akhirat, bulan puasa jelas bukan alasan untuk bermalas-malasan. Selain harus memperbanyak ibadah, kamu juga harus tetap giat bekerja. Yuk simak sederet tips bekerja saat puasa. Biar kamu tetap produktif sepanjang Ramadan.

Perhatikan Menu dan Porsi Santap Sahur

Menu dan porsi makanan ternyata juga sangat berpengaruh pada produktifitas. Jangan sampai menyantap menu yang asal-asalan, perhatikan kandungan gizi, dan pastikan makananmu mengandung cukup kalori untuk membuatmu bertenaga sepanjang hari.

Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Tips Bekerja saat Puasa (via Kompas)

Saat puasa, sebaiknya kamu menghindari minuman yang mengandung kafein karena akan membuat tubuh cepat dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh akan membuatmu lemas dan merasa enggan melakukan apapun. Sebagai gantinya, perbanyaklah minum air di waktu sahur, buka, serta sebelum tidur malam.

Tidur Harus Cukup

Tips Bekerja saat Puasa (via Simon Scotting)

Karena berbagai alasan, banyak orang justru memilih begadang selama puasa. Alasannya macam-macam, mulai dari takut ketinggalan sahur, hingga ingin lembur karena kerjaan seharian yang terbengkalai gara-gara merasa lemas saat puasa. Padahal, begadang justru akan membuatmu merasa payah dan lemas selama puasa. Cobalah atur tidurmu dengan baik pada malam hari, dan hindari tidur usai makan sahur. Hal ini akan memberikan pengaruh signifikan pada produktivitas.

Jangan Lupa Olahraga

Tips Bekerja saat Puasa (via SehatQ)

Walau sedang puasa, olahraga adalah hal yang sebaiknya tetap kamu lakukan secara teratur. Kamu bisa memilih waktu yang tepat, misalnya setelah salah Subuh atau malam hari sebelum tidur. Olahraga akan membuat tubuhmu tetap fresh walaupun sedang puasa.

Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Tips Bekerja saat Puasa (via SehatQ)

Bekerja memang menguras tenaga dan pikiran sehingga membuatmu merasa sangat lelah. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan refreshing di sela-sela kesibukan. Jika biasanya kamu menggunakan waktu istirahat untuk makan, sekarang beralihlah melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya olahraga ringan, nonton film, atau hal lain yang bisa membunuh rasa bosan.

Jika kamu melakukan semua tips bekerja saat puasa di atas, dijamin kamu bakal tetap produktif walau sedang melaksanakan ibadah di bulan puasa . Lapar dan haus bukan alasan lagi untuk bermalas-malasan, kan?

Tips Bekerja saat Puasa (via Jobstreet)