Bebas Masker! Ini Nih Daftar Negara yang Berdamai Dengan Covid-19

Ditengah pandemi yang berkepanjangan ini, ada beberapa negara yang berdamai dengan covid-19. Negara mana sajakah itu?

Pandemi covid-19 sudah dua tahun lebih melanda dunia. Vaksin covid-19 pun juga sudah digencarkan. Dan kabar baiknya ada beberapa negara yang berdamai dengan Covid-19  saat ini.

Seperti yang kita tahu, selama pandemi covid-19 masker menjadi hal yang wajib dipakai. Sampai-sampai ada sanksi yang diterapkan jika tidak mau memakainya. Namun kini, beberapa negara ini sudah ucapkan selamat tinggal pada masker karena mulai berdamai dengan covid-19.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar negara yang berdamai dengan covid-19.

Swedia

Negara Swedia sudah menyatakan "berdamai" dengan virus covid-19, pandemi sudah berakhir. Tidak ada lagi jarak, seluruh pembatas dibersihkan.

Menurut Menteri Kesehatan Swedia, Lena Hallengren, kepada media Dagens Nyheter, seperti yang dikutip Reuters melaui CNNIndonesia, penyakit ini belum berakhir. Namun covid-19 dianggap bukan ancaman lagi bagi masyarakat Swedia.

Bahkan di Swedia bar dan restoran sudah diperbolehkan buka hingga pukul 11 malam tanpa membatasi jumlah pengunjung.

Inggris

Negara yang Berdamai Dengan Covid-19 (via detikHealth)

Sejak awal tahun 2022, Inggris mulai berpikir untuk hidup berdampingan dengan covid-19. Para pejabat di Negeri Ratu Elizabeth ini mengatakan hampir 84% warga negara Inggris dengan usia di atas 12 tahun sudah mendapatkan suntikan vaksin kedua. Bahkan 81% sudah menerima vaksin booster.

Denmark

Negara yang Berdamai Dengan Covid-19 (via CNBC Indonesia)

Kewajiban memakai masker di Denmark sudah tidak berlaku lagi sejak 1 Februari 2022. Bahkan batasan jam operasional tempat-tempat umum seperti bar dan restoran juga dihilangkan.

Pelonggaran ini dilakukan ketika kasus covid-19 di Denmark sudah menurun sekitar 1% dan 5,8 juta penduduknya. Pembatasan dilakukan hanya untuk para wisatawan yang tidak divaksin yang datang dari negara non-Schengen.

Prancis

Negara yang Berdamai Dengan Covid-19 (via ANTARA News)

Sama seperti negara yang berdamai dengan covid-19 lainnya, Prancis juga mencabut aturan wajib memakai masker. Batasan dan kapasitas pengunjung tempat-tempat umum juga sudah tidak ada lagi.

Namun, di Prancis masih mewajibkan warganya untuk memiliki kartu vaksin untuk mengakses semua layanan negara. Mulai dari bar hingga transportasi publik. Nah, itu tadi daftar negara yang berdamai dengan covid-19 . Semoga covid-19 tidak mengancam lagi, ya!

Negara yang Berdamai Dengan Covid-19 (via Berita Terkini)