Inilah 4 Jenderal TNI Wanita yang Punya Jabatan Strategis dan Raih Pangkat Bintang Tinggi, Berpeluang Jadi Panglima?

Inilah 4 Jenderal TNI Wanita yang Punya Jabatan Strategis dan Raih Pangkat Bintang Tinggi, Berpeluang Jadi Panglima?

Jabatan militer berpangkat tinggi seperti jenderal, biasanya identik dimiliki oleh laki-laki. Kendati demikian, di masa reformasi ini banyak wanita yang mendapatkan posisi perwira tinggi di kemiliteran dan menjadi jenderal yang sukses. Siapa aja jenderal TNI wanita tersebut? Berikut ulasannya!

Para jenderal TNI wanita berikut ini diketahui memiliki segudang prestasi di dunia militer yang tidak kalah menarik dari perwira laki-laki. Mereka terbukti sukses berkarier bahkan tak sedikit yang berhasil meraih pangkat bintang dan jabatan yang cukup menterang.

Dilansir dari nasional.sindonews.com, berikut 4 jenderal TNI wanita yang paling terkenal di dunia kemiliteran Tanah Air dan punya jabatan strategis.

1. Brigjen TNI Dewi Hartati

Jenderal TNI yang satu ini merupakan satu-satunya perempuan di antara 54 perwira TNI AD yang mendapat kenaikan pangkat pada Februari 2022 lalu.

Beragam sepak terjangnya di kemiliteran sangatlah prospektif, seperti menjabat sebagai Wakakudam I/Bukit Barisan pada tahun 2013 dengan pangkat Letkol Cku (k).

Empat tahun berselang, tepatnya tahun 2017, Dewi Hartati naik pangkat menjadi Kolonel dan menjabat sebagai Kakudam I/Bukit Barisan lalu menjadi Kakupus I Ditkuad.

Kemudian, pada 2020 pun dia menjadi Kepala Tim Banisku Ditkuad lalu Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan (Kasi Ren) Korem 031/Wira Bima menggantikan Kolonel Inf Saut Tampubolon pada 2021.

2. Brigjen TNI dr Dewi Puspitorini

Brigjen TNI Dewi Hartati (rctiplus.com)

Jenderal bintang satu ini mengemban jabatan sebagai Dirprofnakes RSPAD Gatot Subroto sejak 27 Juli 2020.

Nggak cuma berkarier di bidang militer, perempuan kelahiran 15 Mei 1967 itu mahir dalam bidang Kesehatan (CKM).

Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Sub SMF Gol. IV/Kol Neuromaskuler Instalasi Rehab Medik RSPAD Gatot Subroto.

3. Brigjen TNI Faridah Faisal

Brigjen TNI dr Dewi Puspitorini (rctiplus.com)

Jenderal TNI wanita yang selanjutnya adalah Brigjen TNI Faridah Faisal, seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 21 Januari 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta.

Kini, perempuan kelahiran 23 Juni 1968 itu menduduki jabatan sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya.

4. Brigjen TNI Tetty Melina Lubis

Brigjen TNI Faridah Faisal (rctiplus.com)

Perempuan kelahiran 23 Mei 1969 ini merupakan seorang perwira tinggi TNI-AD yang dipercaya mengemban amanat sebagai Direktur Hukum Angkatan Darat sejak 18 Juni 2020. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Ditkumad.

Jenderal bintang satu ini rupanya memiliki riwayat pendidikan yang cukup cemerlang, yaitu S1 bidang hukum pada 1991, S2 Magister Hukum pada 2005 dan S3 Bidang Hukum pada 2018.

Wah, keren-keren banget, ya! Akankan keempat wanita ini menjadi panglima jenderal TNI nantinya? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Brigjen TNI Tetty Melina Lubis (rctiplus.com)