Hati-Hati! Begini 5 Cara Waspadai Penipuan dari Aplikasi Kencan Online

Hati-Hati! Begini 5 Cara Waspadai Penipuan dari Aplikasi Kencan Online

Munculnya berbagai aplikasi kencan online memberikan harapan kepada para lajang untuk bisa menemukan pasangan mereka. Gak heran kalo penggunaan aplikasi kencan pun menjadi meningkat tajam.

Tetapi dengan banyaknya kasus penipuan yang berkedok cinta dari aplikasi ini, kamu mesti hati-hati.

Nah, biar gak jadi salah satu korbannya, berikut ini ada 5 cara untuk terhindar dari penipuan dari aplikasi kencan online.

# Hindari Mengirimkan Foto 'Intim'

Hal pertama adalah jangan kirimkan foto intim atau foto terlalu terbuka ke teman kencanmu, ya! Kalo kamu menurutinya, gambarmu bisa-bisa dijual di situs dewasa oleh orang yang gak bertanggung jawab, lho.

# Jangan Memberi Informasi yang Bersifat Pribadi

Selain itu, pastiin juga kalo kamu gak mengirimkan berbagai infor pribadi ke orang yang tidak kamu kenal. Entah itu alamat rumah, data anggota keluarga, tempat kerja, nomor ktp, nomor rekening dan sebagainya.

Sebab, yang dikhawatirkan  mereka bisa seenaknya menggunakan informasi tersebut untuk menipu orang lain, seperti mengajukan pinjaman online atau penggunaan kredit.

# Beri Tahu Teman Jika Kamu Pergi Berkencan

Cara terhindar dari penipuan di aplikasi kencan online (pexels.com)

Oh iya, seandainya kamu diajak pergi berkencan, sebaiknya kamu juga memberi tahu salah satu temanmu, ya. Akan lebih baik lagi kalo kamu juga mengajak teman untuk menemui orang dari aplikasi kencan. Hitung-hitung, teman kamu bisa menjaga kamu atau bersiaga kalo kamu membutuhkan bantuan.

# Pilih Tempat Ramai untuk Kencan Pertama

Cara terhindar dari penipuan di aplikasi kencan online (pexels.com)

Saat kencan pertama, pilih tempat yang ramai. Ini penting untuk melindungi kamu dari kasus kejahatan yang bisa terjadi kapan pun.

Kalo dia meminta pindah tempat ke yang lebih sepi, kamu harus berani menolaknya. Ingat, jangan pernah mudah percaya ke seseorang yang belum kamu kenal, ya.

# Hentikan Interaksi saat Mengetahui Ada Hal Mencurigakan

Kalo kamu menemukan suatu kejanggalan dari si doi, pastikan kamu segera menghentikan segala interaksi dengannya. Selain itu, kamu juga perlu waspada saat ia tidak suka dengan sikapmu yang menjauh. Karena takutnya, dia bisa melakukan hal nekat yang tidak diinginkan.

Kalo udah seperti ini, segera hubungi pihak berwajib supaya kamu bisa mendapatkan perlindungan ekstra, oke?

Cara terhindar dari penipuan di aplikasi kencan online (pexels.com)