Hati-Hati! Menaruh Handphone Dekat Kepala Bisa Menurunkan Kecerdasan Otak, Begini Penjelasannya

Hati-Hati! Menaruh Handphone Dekat Kepala Bisa Menurunkan Kecerdasan Otak, Begini Penjelasannya

Manusia saat ini memang tak bisa lepas dari smartphone. Hampir sepanjang hari, kita menghabiskan waktu menggunakan ponsel, entah untuk urusan pekerjaan atau hiburan.

Akan tetapi, banyak ahli yang mengungkapkan jika penggunaan ponsel bisa berdampak buruk pada perkembangan sosial dan emosional anak-anak. Apalagi jika ponsel diletakkan di tempat tidur, hal ini akan membuat manusia mudah terserang gelombang radiasi elektromagnetik.

Menurut Very Well Mind, berikut ini ada beberapa dampak buruk dari ponsel pada kecerdasan otak.

# Kemampuan Kognitif

Penelitian dari  kepada Radiological Society of North America, mengatakan jika anak muda yang suka berselancar di internet menunjukkan adanya ketidakseimbangan kimia otak dibandingkan orang yang jarang menggunakan smartphone.

Studi dari Journal of Association for Consumer Research juga menemukan jika kemampuan kognitif seseorang akan menurun saat menggunakan smartphone, meskipun telepon dimatikan.

# Keterampilan Sosial-Emosional

Dampak buruk dari penggunaan ponsel pada kecerdasan otak (pexels.com)

Dari jurnal Pediatrics, para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston mengungkapkan efek penggunaan smartphone terhadap anak-anak.

Hasilnya menunjukkan jika smartphone akan berdampak pada perkembangan sosial dan emosional mereka.

# Gangguan Tidur

Dampak buruk dari penggunaan ponsel pada kecerdasan otak (pexels.com)

Memakai smartphone menjelang tidur juga menjadi penyebab gangguan tidur. Apalagi jenis cahaya yang dipancarkan dari layar gadget bisa merusak siklus tidur meskipun telah kita matikan.

Hasil riset dari Proceeding of the National Academy of Sciences, 12 peserta dewasa diminta untuk membaca buku elektronik di iPad selama empat jam setiap malam sebelum tidur. Setelah hari kelima, kedua kelompok diminta bertukar aktivitas.

Hasilnya menunjukkan jika membaca buku elektronik bisa menurunkan kadar melatonin, yakni hormon yang meningkat sepanjang malam dan menyebabkan kantuk.

Para peserta juga butuh lebih banyak waktu tidur karena mengalami sedikit rapid eye movement sepanjang malam. Hal ini dikarenakan dampak dari blue light pada layar ponsel.

# Mental Malas

Penggunaan smartphone yang berlebihan juga membuat seseorang semakin malas. Sebab, kita selalu mengandalkan Google untuk mencari sebuah jawaban dibandingkan memikirkannya sendiri.

Dampak buruk dari penggunaan ponsel pada kecerdasan otak (pexels.com)