6 Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan Akibat Gejala Flu

Di masa pandemi, ditambah dengan cuaca yang kurang bersahabat, banyak orang mengeluhkan sakit tenggorokan. Begini cara mengatasinya secara alami.

Pandemi masih belum usai dan jumlah penderita covid-19 masih terus bertambah. Kondisi ini masih diperparah dengan cuaca buruk yang bikin badan tidak fit. Salah satu keluhan yang muncul adalah sakit tenggorokan , yang beberapa juga menyertai flu. Bagaimana caranya agar tetap fit?

Banyak obat yang tersedia di apotik untuk mengatasi masalah ini. Meski demikian, akan lebih aman jika kamu mencoba bahan-bahan alami. Selain lebih ramah di kantong, bahan herbal nyaris tidak membawa efek samping. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jahe

Bahan ini sangat populer dikonsumsi sebagai bumbu dan minuman. Di balik rasanya yang kuat, namun mengandung efek menghangatkan tubuh, ternyata jahe juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan. Di dallamnya terdapat kandungan antibacterial yang bisa mencegah dan mengatasi infeksi dalam tubuh, termasuk tenggorokan.

2. Wortel

Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan (via Kompas)

Di dalamnya terdapat banyak vitamin C untuk mencegah berbagai infeksi pada tenggorokan sekaligus meredakan panas dalam. Konsumsi jus wortel selama tiga hari secara teratur akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan meningkatkan daya tahan.

3. Bawang Putih

Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan (via Pikiran Rakyat)

Sama seperti jahe, bawang putih juga memiiki khasiat untuk mengatasi dan mencegah infeksi dalam tubuh, termasuk tenggorokan. Jika tidak suka memakannya langsung karena bau dan rasanya yang menyengat, kamu bisa menjadikannya jus dan mengombinasikannya dengan bahan alami lainnya.

4. Lidah Buaya

 

Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan (via Kompas)

Bahan ini adalah salah satu yang memiliki kandungan ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kebanyakan orang mengonsumsinya sebagai jus yang dipadukan dengan daun semanggi untuk memberikan manfaat ajaib pada sakit tenggorokan.

5. Mint

Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan (via SehatQ)

Satu lagi bahan alami yang memiliki antibacterial property, sehingga memberikan efek penyembuhan pada radang tenggorokan. Kamu bisa menjadikannya jus, memakannya langsung, atau memasukkannya dalam campuran infused water.

6. Merica dan Jiggery

Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan (via Kompas)

Perpaduan merica dan jiggery akan memberikan efek ajaib untuk meredakan sakit tenggorokan. Kamu bisa mencampurkan kedua bahan ini sebagai jus dan mengonsumsinya secara teratur hingga sakit tenggorokan membaik.

Itulah beberapa bahan alami  yang bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit tenggorokan. Cara mendapatkannya juga cukup mudah dan harganya juga cukup terjangkau. Kalau ada yang alami, kenapa harus pakai bahan kimia?

Bahan Alami untuk Meredakan Sakit Tenggorokan (via Kompas)