Resep Brownies Crispy Yang Renyah, Ide Jualan Kekininan Dengan Modal Hanya Rp13 Ribu

Resep brownies crispy yang renyah dan bisa menjadi ide jualan kekinian dengan modal kecil.

Brownies  biasanya dibuat dengan tekstur padat dan bantet. Tapi kini, muncul inovasi membuat brownies tipis dan kering. Tekstur brownies ini dibuat lebih garing dan renyah. Menariknya, brownies crispy ini lebih tahan lama jika disimpan di suhu ruang dan bisa menjadi ide jualan yang menguntungkan.

Dikutip dari akun YouTube Dapurumi, modal untuk membuat brownies crispy ini hanya Rp13 ribu dengan hasil jadi 250 gram. Di mana, per 80 gram bisa dijual seharga Rp8.000 sampai Rp10.000. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Berikut resep  brownies crispy ala Dapurumi.

Bahan-bahan Brownies Crispy:

100 gram coklat batang

40 gram margarin/butter

1 butir Telur

50 gram Gula Pasir, diblender halus

50 gram Tepung Terigu Protein Sedang

1/4 sdt Pasta Vanilla

1/4 sdt Garam

Aneka Topping Sesuai Selera

Foto: Brownies Crispy (YouTube/Dapurumi)

Cara Membuat Brownies Crispy:

-    Lelehkan coklat batangan dengan cara di tim atau wadah coklat diletakkan di atas panci yang sudah diisi air. Lalu, masukkan margarin atau butter.

-    Aduk sesekali dan biarkan coklat serta margarin meleleh dengan sempurna. Jika sudah, sisihkan coklat dan biarkan hangat terlebih dahulu.

-    Di wadah yang berbeda, masukkan telur dan tambahkan gula. Aduk kembali adonan sampai gula tercampur rata.

-    Kemudian tambahkan garam dan pasta vanilla. Selanjutnya masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai 3 tahap sambil terus diaduk.

-    Jika sudah, campurkan adonan dengan lelehan coklat dan margarin yang sudah dipersiapkan sebelumnya dalam keadaan hangat. Aduk kembali adonan sampai rata dan kental.

-    Siapkan loyang datar kemudian alasi dengan kertas roti. Tuang sedikit demi sedikit adonan, lalu oleskan adonan atau meratakannya dengan spatula.

-    Kamu juga bisa menuang adonan dengan memakai sendok. Usahkan adonan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis ya!

-    Taburkan topping di atasnya. Topping ini bisa di sesuaikannya ya! Kamu bisa memakai choco chips, almond ataupun keju. Lalu sisihkan sebentar.

-    Setelahnya, panaskan oven kurang lebih 10-15 menit di suhu 150-160 derajat atau sesuaukan dengan oven masing-masing. Atur set di api bawah saja.

-    Kalau oven sudah panas, panggang brownies di suhu yang sama selama 20 sampai 25 menit atau sampai benar-benar matang.

-    Jika sudah matang, keluarkan brownies crispy dari oven. Dalam keadaan panas, potong-potong brownies dengan bentuk kotak-kotak atau sesuai keinginan kalian.

-    Brownies crispy harus segera dipotong dalam kondisi masih panas. Pasalnya, jika sudah mengeras adonan akan mudah hancur.

-    Lepaskan brownies crispy dari kertas baking secara perlahan. Kamu bisa mengemas di wadah ziplock ataupun toples. Brownies crispy pun siap dinikmati.

Foto: Brownies Crispy (IDN Times)