Dikabarkan Akan Bebas Setelah 10 Tahun Dipenjara, Ini Total Kekayaan Angelina Sondakh

Dikabarkan Akan Bebas Setelah 10 Tahun Dipenjara, Ini Total Kekayaan Angelina Sondakh

Sejak tahun 2012 Angelina Sondakh resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi. Ia terbukti menerima suap sebesar Rp2,5 miliar dan USD 1,2 juta dalam anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kasus itu dikenal juga dengan nama kasus Wisma Atlet.

Awalnya Angie divonis 4,5 tahun penjaran dan denda sebesar Rp250 juta. Namun karena tak puas dengan keputusan hakim, ia mengajukan banding ke Mahkamah Agung. Bukannya diperingan, hukuman Angelina Sondakh malah diperberat.

Angelina Sondakh kemudian divonis 12 tahun penjara dengan denda Rp500 juta. Namun, kini Angelina Sondakh dikabarkan akan menghirup udara bebas.

# Total Kekayaan Angelina Sondakh

Karena akan bebas, publik kemudian bertanya-tanya soal kekayaan Angelina Sondakh. Pasalnya, ia dibui saat itu karena kasus koripsi. Pada tahun 2012, dirinya memang menjabat sebagai anggota legislatif Angelina Sondakh yang terjerat korupsi Wisma Atlet Palembang.

Ia pun kemudian mengaku trauma dan menjadi alergi dengan dunia politik.

Soal kekayaan, beberapa sumber menyebutkan bahwa total kekayaan Angelina Sondakh saat masih menjabat sebagai anggota DPR adalah Rp6 miliar. Kekayaan tersebut berbentuk harta bergerak, harta tidak bergerak, surat berharga, giro, dan harta setara kas.

Angelina Sondakh akan bebas pada April 2022 (viva.co.id)

Namun, di balik kekayaannya Angelina Sondakh harus menanggung utang sebesar Rp39,6 miliar. Utang itu juga termasuk uang denda yang harus dibayarkan Angelina kepada negara akibat kasus korupsi Wisma Atlet Palembang. Saat ini belum ada keterangan pasti apakah seluruh utang tersebut sudah berhasil dilunasi.

# Biodata Angelina Sondakh

Buat kalian yang mungkin penasaran dengan sosok Angelina Sondakh, berikut ini biodatanya.

Potret Angelina Sondakh saat di penjara (depok.pikiran-rakyat.com)

Wanita kelahiran New South, Australia 28 Desember 1977 ini merupakan lulusan Laboratorium IKIP Manado, Sulsel; SMP Katolik Pax Christi Manado; serta SMA Negeri 2 Manado.

Angelina Sondakh juga sempat belajar di Year 9 – 10 Presbyterian Ladies College, Sydney, Australia dan Year 11 Armidale Public High School, Armidale, Australia.

Ia lalu melanjutkan studi ke Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta Pusat di Fakultas Ekonomi Pemasaran.

Pada tahun 29 April 2009 ia menikah dengan Adjie Massaid.

Pada 5 Februari 2011 Adjie Massaid meninggal. Dari pernikahan tersebut Angelina Sondakh dikarunia seorang anak, Keanu Jabaar Massaid yang lahir di tahun 2009. Di tahun yang sama saat Adjie meninggal dunia

Selamat menyambut udara bebas, tapi ingat utangnya ya Mbak Angelina~

Angelina Sondakh dan putrinya, Aaliyah Massaid (celebrity.okezone.com)