7 Jajanan Populer Dari Bandung Berbahan Dasar Aci, Nomor 4 Disukai Nagita Slavina

7 jajanan populer asal Bandung yang berbahan dasar aci, salah satunya cirambay yang juga disukai Nagita Slavina.

Selain terkenal karena tempat wisatanya, Bandung  juga populer dengan jajanannya. Bahkan makanan yang berasal dari provinsi Jawa Barat ini sudah terkenal sampai ke luar kota. Salah satu kuliner  yang diburu adalah makanan berbahan dasar aci yakni adonan kenyal dari tepung sagu atau tepung kanji. Berikut ini, sudah dirangkum 7 jajanan populer dari Bandung, bahkan salah satunya disukai oleh Nagita Slavina. Yuk di-scroll!

1.    Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Camilan yang berasal dari Bandung ini termasuk goreng-gorengan yang dibentuk pipih dan berwarna putih. Saat sudah digoreng, cireng memiliki tekstur renyah di luar, tapi kenyal di dalam. Agar semakin lezat, biasanya cireng di tambahkan irisan daun bawang atau seledri. Seiring berjalannya waktu, kini cireng memiliki banyak variasi dengan isian keju, kornet, ayam sampai bumbu rujak.

2.    Cilok

Foto: Jajanan dari Aci (Dream)

Cilok singkatan dari aci dicolok. Sesuai namanya, aci ini perlu ditusuk menggunakan tusukan sate untuk menikmatinya. Jajanan berbentuk seperti bakso ini, biasanya disajikan bersama saus kacang atau kecap dan saus sambal. Tapi ada juga yang menyantap cilok dengan kuah. Cara membuat cilok juga cukup berbeda. Cilok dibuat dari campuran tepung aci dengan air atau kaldu yang kemudian diaduk rata sampai adonan kalis. Setelahnya, adonan dibentuk bulat-bulat dan direbus.

3.    Cimol

Foto: Jajanan dari Aci (Boombastis)

Cimol dalam bahasa Sunda memiliki arti aci digemol atau dibulatkan. Mirip seperti cilok, cimol juga dibentuk bulat-bulat. Yang membedakannya, proses membuat cimol tidak dikukus atau direbus melainkan digoreng seperti cireng. Cimol memiliki tekstur yang kenyal di dalam dengan bagian luar yang garing. Biasanya cimol sajikan dengan bumbu bubuk instan aneka rasa atau bubuk cabe.

4.    Cirambay

Foto: Jajanan dari Aci (IDN Times)

Cirambay  adalah singkatan dari aci rambay. Dalam bahasa Sunda, kata cirambay berarti air mata yang berlinang. Hal ini karena rasa pedas jajanan ini membangkitkan selera sampai bisa membuat penikmatnya mengeluarkan air mata. Berbeda dari yang lainnya, olahan aci ini dibuat seperti mie pipih dan memiliki bentuk seperti kwetiau. Ciri khas jenis ini adalah cita rasa yang pedas dengan perpaduan sedikit manis. Jajanan ini begitu viral di TikTok. Bahkan Nagita Slavina sampai membuat video YouTube khusus saat dirinya membuat cirambay. Istri Raffi Ahmad ini pun terlihat begitu menikmatinya.

5.    Cilor

Foto: Jajanan dari Aci (Suara.com)

Cilor merupakan singkatan dari aci telor. Adonan aci untuk cilor ini dipotong menjadi kotak kecil-kecil yang kemudian dibalut dengan kocokan telur. Aci kemudian digoreng di dalam wajan berbentuk bulat. Untuk menambahkan cita rasa, biasanya cilor dilengkapi dengan bubuk cabai atau bumbu instan penyedap rasa lainnya.

6.    Cilung

Foto: Jajanan dari Aci (Line Today)

Jajanan yang merupakan singkatan dari aci digulung ini tidak dibentuk seperti makanan berbahan dasar aci yang lainnya. Adonan cilung dibuat lebih cair. Cara penyajiannya, kocokan telur digoreng di atas wajan tanpa minyak. Setelah kering, tuang adonan cilung sedikit demi sedikit. Jika sudah kering dan matang, cilung tinggal digulung dengan tusuk sate. Tapi sebelum digulung, biasanya penjual menaburkan bubuk instan penyedap rasa barbeque dan saus sambal.

7.    Bakso Aci

Foto: Jajanan dari Aci (IDN Times)

Jajanan berbahan dasar aci yang terakhir adalah bakso aci. Sesuai namanya, jajanan populer satu ini disajikan mirip dengan bakso yakni menggunakan kuah yang tidak hanya lezat tapi juga bisa menghangatkan tubuh. Dalam satu porsi bakso aci, biasanya terdapat cilok yang disajikan lengkap dengan tahu, bakso daging, dan taburan pilus yang renyah. Bakso aci semakin nikmat jika dihidangkan dengan dicampur sambal dan perasan jeruk nipis.

Foto: Jajanan dari Aci (IDN Times)