Desainer Arnold Putra Diduga Terlibat dalam Kasus Pembelian Organ Tubuh Manusia, Inilah 4 Kasus Kontroversinya

Desainer Arnold Putra Diduga Terlibat dalam Kasus Pembelian Organ Tubuh Manusia, Inilah 4 Kasus Kontroversinya

Nama Arnold Putra memang tak pernah lepas dari kontroversi. Baru-baru ini, dirinya terseret kasus pembelian organ tubuh manusia dari Brasil.

Menurut pihak kepolisian Brasil yang melakukan investigasi, ditemukan sebuah paket yang berisikan organ manusia untuk dikirimkan ke Singapura. Hingga kemudian, banyak masyarakat menduga jika itu merupakan pesanan dari Arnold Putra lantaran ia sebelumnya pernah membuat tas dari tulang belakang manusia.

Ini bukan kali pertamanya kontroversi menghampiri Arnold Putra. Berikut adalah beberapa aksi Arnold yang menimbulkan cibiran masyarakat Indonesia.

# Tas dari Tulang Manusia

Arnold Putra pada April 2020, sempat diperbincangkan setelah ia merancang tas yang terbuat dari kombinasi material lidah buaya dengan tulang belakang manusia. Saat itu, dirinya merilis produk tersebut pada tahun 2016 dengan harga sekitar Rp71 juta.

Netizen pun dibuat geram, lalu menghujat desainer yang berbasis di Los Angeles itu. "Tega banget gila" kicau seorang pengguna Twitter. Ada pula yang menulis, "Saya sangat berharap seseorang bisa membuat tas dari tulang punggung Anda."

Namun Arnold Putra menjelaskan jika tulang manusia yang diperolehnya berasal dari perusahaan berlisensi dan dibeli secara resmi.

# 'Giveaway' Barang Palsu

Berbagai kasus kontroversial Arnold Putra (kompas.com)

Sebelumnya lagi, ia juga pernah dituduh memberikan barang palsu kepada orang-orang suku pedalaman untuk mengeksploitasi artefak.

"Arnold Putra adalah iblis yang suka pamer kebaikan memberikan barang branded palsu kepada orang-orang pedalaman demi mendapatkan tulang manusia dan barang berharga lainnya dari suku mereka," tulis akun bernama @superiorgrab pada Maret 2020.

Kicauan itu pun disertai dengan berbagai bukti ketika Arnold berkunjung ke berbagai pedalaman dari berbagai negara. Ia juga memperlihatkan foto para warga pedalaman yang tengah menggunakan jam tangan ‘mewah’ pemberian darinya.

# Baju Pemuda Pancasila

Berbagai kasus kontroversial Arnold Putra (kompas.com)

Beredar pula di media sosial pada awal Januari ketika Arnold Putra mengenakan jaket loreng-loreng kemerahan yang disebut mirip dengan seragam Pemuda Pancasila.

Di foto itu, terlihat dirinya sedang berbincang dengan desainer gothic asal Amerika, Rick Owen bersama istrinya, Michele Lamy.

"Arnold Putra, desainer fashion Indonesia, memakai seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022. Pemuda Pancasila adalah organisasi semimiliter sayap kanan-jauh yang terlibat di genosida 1965-66. Sebelumnya, Arnold pernah dikritik karena membuat tas dari tulang belakang manusia," tulis akun Twitter @sandhatu mengkritik penampilan Arnold.

Menurutnya, gaya Arnold perlu dibahas karena mencerminkan sebuah aksi kekejian dan bobroknya penanganan masalah hak asasi manusia di Indonesia. "Kenapa dia diperbolehkan memakai busana tersebut dan bebas berkeliaran di pekan mode?" tulisnya.

# Perdagangan Organ Manusia

Namanya akhirnya kembali mencuat setelah terseret kasus perdagangan organ manusia yang ditemukan oleh pihak kepolisian Brasil.

Merek menemukan organ manusia yang diawetkan dalam sebuah paket yang akan dikirimkan ke Singapura. Menurutnya, paket organ itu ditujukan untuk seorang desainer fashion asal Indonesia.

Sementara itu, Arnold Putra dalam perbincangan singkat dengan Vice pada Januari lalu, mengaku akan berada di Singapura pada Februari untuk mengisi liburan Tahun Baru Imlek.

Berbagai kasus kontroversial Arnold Putra (kompas.com)