Jangan Salah Lagi Ladies, Berikut Ini Urutan Pemakaian Make Up yang Benar

Jangan Salah Lagi Ladies, Berikut Ini Urutan Pemakaian Make Up yang Benar

Jika semua tutorial kecantikan di YouTube dan TikTok terasa sangat rumit, kamu bisa jadi benar. Sebab sepertinya tidak ada yang benar-benar melakukan langkah dasar lagi.

Sekarang, ini semua tentang cara membuat shading, mata yang tajam, bibir yang tebal, dan sebagainya. Padahal, make up yang baik dan benar adalah yang melibatkan dasar dengan urutan pemakaian yang tepat.

Nah, jika kamu memiliki tas kosmetik penuh riasan tetapi tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan semuanya, teruslah membaca karena panduan ini hanya untukmu.

1. Mulai dengan Pelembab

Apa pun jenis kulitmu (kering, berminyak, atau kombinasi), penting untuk menghidrasi kulit pada pagi dan malam hari, dan jangan lupa tabir surya di pagi hari. Sangat direkomendasikan juga lakukan pembersihan dan pengencangan (ini sangat penting di malam hari!) sebelum mengoleskan pelembab . Kemudian, beri kulitmu sedikit pijatan santai.

2. Aplikasikan Primer

Meskipun kamu tidak membutuhkan primer setiap hari, tapi primer penting untuk menjaga riasan. Terutama pada hari yang sibuk atau hangat.

Dengan primer, makeup tidak akan hilang atau menempel di permukaan pada area kulit yang kering dan tidak akan terpisah pada area berminyak seperti T-zone.

3. Aplikasikan foundation

Pelembab wajah (ceklist.id)

Kamu dapat mengaplikasikan alas bedak dengan jari atau kuas—semuanya tergantung pada tingkat kenyamananmu. Beberapa wanita lebih nyaman saat mengoleskan sedikit, seperti satu lapis alas bedak ringan atau krim BB. Untuk tampilan cakupan yang lebih penuh, kamu bisa mendistribusikan alas bedak secara merata dengan kuas, mengaplikasikannya ke zona-T.

4. Oleskan Concealer

Sama seperti alas bedak, kamu dapat mengaplikasikan concealer dengan kuas concealer atau jarimu, tetapi kuas akan memberimu tampilan riasan yang sedikit lebih menutupi.

Namun, ketika menyangkut concealer, kamu hanya perlu menerapkannya ke area yang ingin kamu sembunyikan. Misalnya, lingkaran hitam di bawah mata, atau bekas jerawat yang belum hilang juga. Setelah mengoleskan concealer, biarkan formulanya mengeras selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan bedak jenis apa pun di atasnya.

5. Oleskan Bronzer + Perona Pipi

Bronzer memang super serbaguna karena bisa digunakan sebagai contour atau sekedar semburan kehangatan seperti baru pulang dari liburan pantai. Saat diaplikasikan sebagai kontur untuk membentuk pipi dan rahang, kamu bisa menambahkan warna di mana matahari akan membuat wajahmu terlihat cokelat secara alami.

6. Pakai Highlighter

Tampilan riasan tidak lengkap tanpa highlighter. Highlighter memberikan sapuan yang menyilaukan sehingga kamu terlihat glowing alami.

Macam warna foundation (kikocosmetic.com)

7. Eyeshadow

Ada banyak cara untuk memakai eyeshadow tetapi ketika sampai pada dasar-dasarnya, ada beberapa hal yang perlu diingat. Warna terang yang mirip dengan warna kulit kamu bertindak sebagai dasar!

Warna yang lebih gelap menciptakan bentuk dan definisi, serta kontur mata. Nuansa di antara keduanya adalah mengawinkan keduanya dengan mulus.

8. Aplikasikan Eyeliner

Ada orang yang tidak bisa hidup tanpa eyeliner dan mereka yang hanya menggunakannya pada acara-acara khusus. Tetapi selalu menyenangkan untuk memiliki liner hitam dasar di tas rias untuk digunakan saat perasaan itu menyerang.

9. Aplikasikan Mascara

Setelah menjepit bulu mata, kamu bisa menggoyangkan maskara di akar bulu mata dan mengerjakannya ke ujung.

10. Gunakan Lip Liner

Mengaplikasikan lip liner mungkin tampak seperti langkah yang tidak penting. Tetapi percayalah, lip liner bisa membuat kontur bibir dan membuat lipstik bertahan lebih lama lho!

11. Oleskan lipstik + lip gloss.

Urutan produk bibir adalah yang paling penting di sini. Pertama lip liner, lalu lipstik dan sempurnakan dengan lip gloss.

12. Pakai setting powder + setting spray.

Setelah semua itu berhasil, kamu pasti ingin mengunci tampilan riasan dengan bedak tabur, semprotan penyetel, atau keduanya tergantung pada jenis kulit dan berapa lama kamu membutuhkan riasan untuk bertahan.

Nah, itu tadi 12 tahap memakai make up dari yang paling dasar. Kamu tentu gak perlu mengikuti semuanya. Cukup sesuaikan dengan jenis kulit, alat make up yang kamu punya, dan kemampuan. Hehehe.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Highlighter membuat wajah jadi glowing mempesona (istockphoto.com)