Segini Kekayaan Para Ketua Umum Partai Politik di Indonesia, Banyak yang Hartanya Sampai Triliunan

Para ketua umum partai politik di Indonesia memiliki kekayaan yang cukup melimpah. Berapa totalnya?

Indonesia memiliki Partai Politik  atau parpol yang diketuai konglomerat di Indonesia. Ternyata selain sebagai Ketua Umum atau Ketum parpol, orang-orang ini juga menjadi pengusaha. Makanya kekayaan mereka cukup besar.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, para kekayaan para ketum parpol ini dilaporkan dan dimonitoring oleh Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) yang tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Siapa yang paling kaya?

1.    Surya Paloh

Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem menjadi ketum parpol paling kaya di Indonesia. Pengusaha ini dikabarkan memiliki total kekayaan mencapai Rp 6.320.732.000.000 atau sekitar Rp6 triliun.

Selain berkecimpung dalam dunia politik, Surya dikenal sebagai pengusaha yang sukses. Ia diketahui memiliki perusahaan dalam bidang media (TV, Surat Kabar, Media Online), katering, dan pertambangan.

2.    Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memiliki harta mencapai Rp 2. 029.339.519.335 atau sekitar Rp 2 trilun. Sebelum memimpin partai politik, Prabowo memang menjadi pengusaha yang memiliki banyak perusahaan. Prabowo kini menjadi Menteri Pertahanan Indonesia.

Segini Kekayaan Para Ketua Umum Partai Politik di Indonesia, Banyak yang Hartanya Sampai Triliunan (Kompas.com)

3.    Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Kordinator Perekonomian ini memang tak memiliki harta mencapai triliunan. Pria yang digadang-gadang akan menjadi Calon Presiden 2024 ini memiliki total kekayaan Rp 260.611 miliar.

Segini Kekayaan Para Ketua Umum Partai Politik di Indonesia, Banyak yang Hartanya Sampai Triliunan (iNews)

4.    Megawati Soekarnoputri

Mantan Presiden ke-4 dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ada di urutan nomor 4 ketum parpol yang memiliki kekayaan besar di Indonesia. Ibu DARI Puan Maharani ini disebut-sebut memiliki total kekayaan mencapai Rp 214,6 miliar.

Segini Kekayaan Para Ketua Umum Partai Politik di Indonesia, Banyak yang Hartanya Sampai Triliunan (Liputan6.com)

5.    Suharso Manoarfa

Suharso Manoarfa mungkin tidak sepopuler keempat nama ketum Partai Politik  tadi. Siapa sangka mantan Menteri Perumahan Rakyat dalam era Kabinet Susilo Bambang Yudhoyono ini adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Manoarfa memiliki kekayaan mencapai Rp 59,8 miliar.

Segini Kekayaan Para Ketua Umum Partai Politik di Indonesia, Banyak yang Hartanya Sampai Triliunan (Kompas.com)