5 Museum Paling Menyeramkan dan Bikin Merinding Di Dunia, Nomor 4 Berisi 8.000 Mumi

5 Museum Paling Menyeramkan dan Bikin Merinding Di Dunia, Nomor 4 Berisi 8.000 Mumi

Pada umumnya, museum  merupakan tempat yang menyimpan banyak ilmu pengetahuan. Di mana, ara pengunjungnya, bisa mendapat informasi setelah keluar dari sana. Meski begitu, museum-museum di dunia ini berbeda karena justru memajang banyak hal yang menyeramkan dan membuat kalian berpikir dua kali untuk mendatanginya. Lantas apa saja museum paling menyeramkan di dunia? Keep scrolling!

1.    Museum Anatomi – Paris

Museum anatomi atau yang juga dikenal Fragonard Museum merupakan salah satu museum kedokteran paling aneh di dunia. Museum yang letaknya di Maisons Alfort ini memajang koleksi organ dan replika anatomi tubuh. Museum ini didirikan oleh Honore Fragonard, seorang profesor anatomi yang juga pendidik sukses, sampai akhirnya dia menjadi gila.

Tapi, kegilaan ini membuatnya menjadi seorang yang berprestasi dan melahirkan museum yang dia rancang untuk menampung koleksi mayat. Yang paling mengerikan, ada pajangan berupa replika tubuh yang dia dilucuti kulitnya dan dibalsem dengan resep rahasia. Selain tubuh manusia, museum juga memajang replika monyet serta kuda. Museum ini sangat mengerikan sehingga untuk masuknya saja, kamu harus membuat janji terlebih dahulu.

2.    London Dungeon – Inggris

Foto: Museum Menakutkan (Mairie de Paris)

Walaupun menakutkan, namun London Dungeon menjadi salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia. Museum yang didirikan sejak 1974 ini berisi banyak perangkat penyiksaan mengerikan dari abad pertengahan. Tidak hanya itu, Museum London Dungeon juga menampilkan reka ulang dari peristiwa-peristiwa kejam dalam sejarah Inggris, antara lain pembunuhan berdarah Sweeney Todd, Bloody Mary, Jack the Ripper hingga peristiwa Black Death. Adegan-adegan itu diperagakan dengan didukung perlengkapan teater dan special effect yang membuatnya terasa lebih hidup.

3.    Madame Tussauds - London

Foto: Museum Menakutkan (Klook)

Jika kamu mendengar Museum Madame Tussauds, mungkin yang terpikirkan adalah patung lilin dari tokoh maupun selebriti ternama. Tapi Madame Tussauds yang ada di Marylebone Road ini sangat berbeda. Pasalnya, museum ini berisi replika korban-korban Revolusi Prancis bersama patung-patung penjahat dan pembunuhan lainnya.

Yang lebih menyeramkan lagi, kepala patung korban Revolusi Prancis tersebut dicetak langsung dari kepala korban yang terpisah dari badannya. Yang paling terkenal adalah patung Raja Prancis terakhir. Selain itu, kamu juga bisa melihat koleksi lain yang menggambarkan kesadisan dalam Revolusi Prancis.

4.    Museum Catacombs of Palermo – Italia

Foto: Museum Menakutkan (TripAdvisor)

Catacombs of Palermo juga dianggap sebagai museum kematian. Museum ini berisi 8.000 mayat mulai dari biksu sampai masyarakat setempat. Mayat-mayat itu dipajang berbaris di dinding terbuka dengan pakaian saat mereka dikuburkan. Mayat-mayat tersebut dimasukkan ke dalam katakombe dari akhir abad ke-16 hingga pemakaman terakhir yakni seoranga anak berusia 2 tahun bernama Rosalia Lombardo yang dikubur pada tahun 1920-an.

Alasan utama dibentuknya kuburan ini karena ingin membuat wadah terbaik bagi keluarga yang ditinggalkan yang ingin habiskan waktu mereka bahkan bisa mengganti busana mumi itu sendiri. Udara yang sejuk dan lingkungan yang kering membuat tubuh mayat-mayat yang dipajang terpelihara dengan sangat baik bahkan saking baiknya beberapa terlihat seperti sedang tidur. Meski begitu, kebanyakan mayat yang dipajang terlihat seperti mayat mengerikan yang siap bangun setiap saat untuk menyerang para pengunjung.

5.    Lombrosp's Museum of Criminal Anthropology – Italia

Foto: Museum Menakutkan 4 (life-globe.com)

Cesare Lombroso adalah seorang kriminolog Italia dan juga dokter pendiri Sekolah Kriminologi Positivis Italia menciptakan museum ini pada 1898. Museum tersebut dinilai sangat menyeramkan karena dipenuhi dengan benda-benda dari karyanya, yang menjadikannya pusat teror. Museum ini juga menampilkan loleksi mengerikan mulai dari gambar kejahatan, senjata pembantaian manusia hingga kepala Lombrosp itu sendiri yang diawetkan dengan sempurna dan diletakkan ke dalam botol formaldehida.

Foto: Museum Menakutkan (Cabinet of Curiosities)