Olahraga Sendirian vs Berkelompok di Era Pandemi, Mana yang Lebih Baik?

Para ahli mengklaim bahwa olahraga berkelompok jauh lebih sehat daripada sendirian. Lalu bagaimana melakukannya di tengah pandemi?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berolahraga, seperti lari pagi, gym, atau iku kelas kebugaran bersama sahabat . Tinggal pilih, kamu lebih suka olahraga sendiri atau olahraga berkelompok.

Semua bentuk olahraga tentu memiliki manfaat. Namun ternyata ada lebih banya keuntungan yang bisa kamu dapat dengan olahraga berkelompok. Apa aja, sih? Yuk, cek faktanya di sini!

Manfaat Olahraga

Banyak alasan kenapa kamu harus berolahraga. Perlu diketahui, olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Seperti meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki suasana hati, meningkatkan gairah seks, dan tentu meningkatkan kesehatan mental. Jadi setidaknya lakukan 150 menit olahraga dalam seminggu atau sekitar 30 menit lima kali seminggu

Fakta Baru tentang Olahraga Berkelompok

Olahraga Berkelompok (via Kompas)

Hasil mengejutkan terungkap dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi November 2021 The Journal of American Osteopathic Association. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat stress seseorang di era pandemi. Ada 69 mahasiswa yang dibagi menjadi tiga kelompok latihan. Kelompok pertama melakukan program latihan inti dan kebugaran selama 30 menit dalam seminggu.

Kelompok kedua melakukan olahraga tunggal dalam waktu dua kali seminggu. Dan kelompok terakhir tidak melakukan olahraga apapun selain berjalan kaki atau bersepeda. Setelah 12 minggu, ternyata kelompok dengan olahraga berkelompok memiliki lebih banyak perubahan pada tingkat stress dan kualitas hidup mereka dibandingkan dengan kelompok yang berolahraga sendirian.

Olahraga Berkelompok atau Sendirian?

Olahraga Berkelompok (via Merdeka)

Semua bentuk olahraga tentu memiliki manfaatnya masing-masing. Bagi orang yang baru saja mulai berolahraga, olahraga individu akan dirasa lebih menarik. Terlebih jika dibarengi dengan program diet. Jadi waktu pelaksanaannya akan lebih fleksibel. Sedangkan dengan melakukan olahraga berkelompok maka seseorang akan lebih termotivasi untuk terus melakukannya sekaligus bisa meredakan stress.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Olahraga Berkelompok (via Generali)

Jika melakukan olahraga kelompok, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan usia. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, jenis olahraga yang dianjurkan pun akan berubah. Misalnya, jika kamu berusia 20an, maka olahraga yang disarankan adalah sepak bola, basket, bulu tangkis, bersepeda, dan mendaki gunung dan lain-lain. 

Meski demikian, karena hingga saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19 , kamu tetap harus memperhatikan protokol kesehatan, ya! Jangan menciptakan kerumunan, dan pastikan kamu tetap menjaga jarak demi meminimalisir penularan penyakit. Selamat melakukan olahraga berkelompok!

Olahraga Berkelompok (via Jovee)