Kaum Hawa Wajib Tahu! 4 Gerakan Yoga Ini Bantu Menghilangkan Nyeri Saat Haid

5 gerakan yoga yang bisa membantu menghilangkan nyeri saat haid mulai dari cobra pose sampai

Beberapa wanita mengalami nyeri saat haid . Namun nyeri haid  yang dialami wanita bisa berbeda-beda. Ada yang mengalami nyeri ringan sampai cukup parah. Walaupun terbilang wajar dan normal, tapi jika diatasi dengan baik, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kami sudah merangkum 4 gerakan yoga  yang bisa menghilangkan nyeri saat haid. Scroll artikel ini ya!

1. Cat pose

Cat pose memungkinkan kamu meregangkan tubuh bagian atas dan leher sambil memberikan pijatan lembut pada tulang belakang serta organ-organ perut. Caranya, kamu cukup bertumpu pada kedua lutut dan telapak tangan. Pastikan tangan lurus sejajar bahu dan lutut di bawah pinggul. Ambil napas dalam lalu turunkan turunkan dagu perlahan menunju dada. Lakukan sejauh yang kamu bisa. Lalu lengkungkan punggung seperti kucing meregangkan tubuhnya. Buang napas saat kamu bangkit dari posisi. Ulangi 3-5 kali.

2. Child Pose

Yoga Untuk Menstruasi (Popsugar)

Pose ini memanjangkan punggung bawah dan membuka pinggul, sementara kedua lutut terpisah lebar dan perut rilek. Tempatkan lutut di lantai, lebarkan keduanya hingga jarak yang nyaman. Kemudian lipat tubuh ke depan, rentangkan lenganmu ke depan. Istirahatkan dahi di atas matras atau tolehkan kepala ke satu sisi. Tahan lima napas sebelum  melakukan ke sisi sebaliknya. Peregangan ini akan mengurangi nyeri di pinggul serta membantu meningkatkan atau mempertahankan kesehatan pinggul. Pose ini akan memicu perasaan relaksasi dan ketenangan.

3. Cobra Pose

Yoga Untuk Menstruasi (Tabloidbintang)

Posisikan tubuh seperti hendak gerakan push up. Kemudian, letakkan kaki di matras dan tarik tubuh ke atas secara perlahan sampai kedua tangan menjadi lurus. Setelahnya, tegakkan kepala dan bahu serta arahkan pandangan ke depan. Tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan napas secara perlahan. Tahan gerakan ini selama 30–60 detik atau selama kamu merasa nyaman. 

4. Reclining Twist

Yoga Untuk Menstruasi (Indosport)

Reclining twist adalah cara yang santai untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang sisi ke sisi, yang dapat meringankan nyeri perut dan punggung bawah. Cara melakukannya, berbaring telentang, silangkan lutut kiri di atas sisi kanan tubuh. Kemudian rentangkan tangan lebar-lebar, posisi wajah melihat ke arah kiri. Tahan lima napas sambil merasakan tulang belakang kamu memanjang dan berputar. 

Yoga Untuk Menstruasi (Yoga Journal)