Badan Pegal Setelah Bangun Tidur? 5 Gerakan Peregangan di Atas Kasur Ini Bisa Bantu Badan Segar Lagi

5 gerakan peregangan di atas Kasur ini bisa membantu menghilangkan pegal setelah bangun tidur dan membuat tubuh kembali segar.

Beberapa dari kamu mungkin pernah merasa pegal  padahal baru bangun tidur . Idealnya, istirahat malam bisa membuatmu merasa segar dan bugar saat bangun tidur. Rupanya hal ini disebabkan oleh buruknya kualitas tidur atau posisi tidur yang salah. Oleh karena itu, sebelum melakukan aktivitas di pagi hari alangkah baiknya melalukan peregangan terlebih dahulu.

Stretching atau peregangan otot-otot yang tegang mampu menyelaraskan tubuh agar bergerak dan berfungsi secara lebih efisien. Latihan ini juga bisa membantu tubuh kamu dalam membentuk struktur otot lebih baik. Selain itu, peregangan juga diperlukan untuk melancarkan sirkulasi darah menuju otot dan otak, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Berikut 5 gerakan peregangan yang bisa dilakukan di atas tempat tidur.

1. Full Body Stretch

Baringkan tubuh dalam posisi lurus dan telentang menghadap ke atas. Sambil menarik napas, ulurkan kedua tangan sampai melewati atas kepala. Satukan kedua telapak tangan. Rasakan tubuh kamu merengang dari ujung jari tangan sampai ujung jari kaki. Pertahankan posisi tersebut selama tiga sampai empat kali napas.

2. Knees to Chest Stretch

Peregangan (Prevention)

Selain melemaskan otot bagian bawah punggung, peregangan ini juga berfungsi meredakan otot kaku yang disebabkan oleh radang sendiri. Cara melakukannya, mulai baringkan tubuhmu. Kemudian angkat lutut kanan secara perlahan ke arah dada dengan kedua tangan. Pertahankan posisi selama 30 detik sambil merasakan efek peregangan pada bagian belakang kaki dan punggung bawahmu. Lakukan langkah yang sama pada kaki kiri dan ulangi selama dua atau tiga kali. Kamu juga bisa melakukan peregangan ini dengan menekuk kedua kaki sekaligus dan memeluknya di depan dada menggunakan dua tangan.

3. Supine Twist

Peregangan (Hello Sehat)

Baringkan tubuh lalu rentangkan tangan membentuk posisi T dengan telapak tangan mengarah ke kasur. Kemudian tekuk salah satu lutut dan perlahan letakkan di atas kaki lainnya dengan tetap mempertahankan posisi bahu sejajar. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik lalu ulangi pada sisi lainnya.

4. Child Pose

Peregangan (Prevention)

Gerakan peregangan child pose lain membantu meringankan nyeri punggung bagian bawah, efek peregangan nya juga bisa dirasakan di bagian dada, bahu, otot, perut dan pinggang. Posisi awal, kamu perlu berlutut di atas kasur kemudian lebarkan sedikit kedua lutut. Condongkan tubuh dan regangkan tangan ke depan. Lalu turunkan tubuh perlahan dengan posisi wajah menghadap ke Kasur. Pastikan kening menyentuh permukaan kasur sambil melemaskan otot-otot tangan. Pertahankan posisi selama beberapa detik sambil menarik napas dalam lalu keluarkan sebanyak lima kali.

5. Hamstring Stretch

Peregangan (SehatQ)

Peregangan ini berfungsi untuk melemaskan otot pinggang dan lutut kaki. Awalnya, kamu cukup baringkan tubuh di atas kasur dalam posisi telentang. Tekut lutut kanan lalu arahkan kaki secara perlahan ke dada. Tahan area belakang kaki dekat lutut dengan kedua tangan. Regangkan kaki ke atas dan luruskan sebisa mungkin. Pertahankan posisi ini sampai 30 detik. Selama itu, kamu bisa memposisikan kaki kiri dengan lurus atau tekuk senyaman mungkin. Rasakan efeknya pada bagian bawah punggung dan belakang kaki kamu. Lakukan gerakan peregangan yang sama pada kaki kiri dan ulangi sebanyak dua sampai tiga kali.

Peregangan (Shape Magazine)