Ini Dia Deretan Rekayasa Inovasi Teknologi Sains Tahun 2018 yang Keren Banget...

Ini dia deretan rekayasa teknologi sains terkeren tahun 2018. Kalian perlu tau sih kalo dunia udah secanggih ini.

Tahun 2018 ini, sejumlah inovasi teknologi terus dikembangkan. Dan, teknologi macam kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) bukanlah satu-satunya yang berkembang.

Nah, ini dia deretan rekayasa inovasi teknologi sains tahun 2018 yang keren banget. Semua ini dikembangkan oleh perusahaan besar dan direkayasa demi memudahkan segala aktivitas manusia.

Cek deh deretan rekayasa inovasi teknologi sains tahun 2018 yang keren banget ini. Sebagaimana dilansri dari laman DW, beberapa di antaranya untuk menunjang kesehatan dan gaya hidup lho.

#1 Manusia hasil rekayasa genetika

Pada 2017 lalu, Amerika Serikat (AS) mengizinkan penyembuhan dua jenis kanker darah dan penyebab kebutaan. Metodenya adalah terapi genetika.

Metode ini dilakukan dengan memodifikasi gen kekebalan tubuh pasien. Tujuannya adalah mendeteksi sel kanker, menjadikannya musuh, lalu dibunuh.

Untuk kasus sebab kebutaan, rekayasa genetika dilakukan langsung pada gen tertentu di mata. Hebatnya, rekayasa ini gak mempengaruhi bagian tubuh lain gengs.

Ilustrasi rekayasa genetika (lifepersona.com)

#2 Operasi embrio dalam kandungan

Ini salah satu dari deretan rekayasa inovasi teknologi sains terkeren tahun ini. Jadi operasi embrio dilakukan dengan menggunting gen yang sakit. Kemudian diganti dengan gen sehat.

Keliatannya gampang ya. Padahal, operasi ini jelas dilakukan pada janin dalam kandungan lho. Eksperimen ini dilakukan pada embrio yang mengidap kelainan jantung. Harapannya, terapi gen begini bisa menyembuhkan penyakit kanker atau HIV.

Ilustrasi embrio yang dioperasi (ummuhabibah.com)

#3 Pengganti organ dari cetakan 3D

Perangkat percetakan tiga dimensi alias 3D di tahun ini makin canggih! Cepat atau lambat, tubuh manusia juga bisa tuh dicetak pake perangkat cetakan 3D itu.

Perangkat ini menggunakan tinta bio-kompatibel. Jadi organ buatan printer supercanggih ini bisa diaplikasikan dan gak bakal ditolak sistem kekebalan tubuh.

Saat ini emang masih ditahap awal sih. Tapi bukannya gak mungkin akan berkembang pesat beberapa waktu lagi.

Jantung yang dicetak dari printer 3D (futurehealthcaretoday.com)

#4 Obat-obatan dari mikro-organisme

Dari cabang biologi sintetik juga menyumbang sebuah temuan rekayasa genetika canggih nih. Biologi sintetik akan melakukan modifikasi DNA mikro-organisme jadi pabrik farmasi yang ukurannya mikro juga.

Lewat temuan ini, akan tercipta makhluk hidup artifisial berukuran mikro. Nantinya, itu bisa direkayasa dan memproduksi insulin. Bisa juga jadi molekul yang jadi basis pembuatan obat baru. Kece!

Di masa depan, obat kayak gini gak ada lagi kayaknya (dhakatribune.com)

#5 AI jadi keseharian manusia

Kabarnya, tahun 2018 ini, kecerdasan buatan (AI) udah menemani keseharian manusia. Contohnya AI di smartphone kita. AI itu bisa bereaksi atas kebutuhan pribadi pemiliknya.

Manusia bisa diawasin terus dengan jaringan AI ini. Apalagi kalo dikoneksikan dengan mobil cerdas, rumah cerdas, atau perangkat canggih lainnya yang cerdas juga. Namun, masih sulit dipastikan apa manusia bisa lebih cerdas lagi menghindari dampak negatifnya. Hmm....

Itulah deretan rekayasa inovasi teknologi sains tahun 2018 yang keren banget. Dunia ini semakin canggih gengs. Tapi ya belom diketahui dampak-dampak lainnya bakal kayak gimana.

AI yang digunakan setiap hari (shutterstock.com)