5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sangat Sederhana!

5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sangat Sederhana!

Seseorang yang ilmunya tinggi, biasanya kebanyakan sederhana dan bersahaja. Hal ini pula yang tampak dari beberapa ustaz kondang Indonesia. Bahkan hingga wafat, pemakamannya pun tampak biasa-biasa saja.

Semasa hidup, mereka dikenal oleh masyarakat luas karena kerap menebarkan pesan-pesan agama dan kebaikan. Maka, nggak heran kalau beberapa ustaz ternama terkadang mempunyai pengaruh besar serta ceramahnya selalu ditunggu-tunggu sehingga saat dai tersebut meninggal, sebagian besar publik sangat merasa kehilangan.

Ingin tahu di mana dan seperti apa kuburan ustaz terkenal di Indonesia tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, ini potret selengkapnya!

1. Ustaz Jefri Al Buchori

Pada 26 April 2013 silam, publik Indonesia dikagetkan saat mendengar kabar Ustaz Jefri Al Buchori atau Uje yang meninggal dunia. Selain karena terbilang mendadak, masyarakat luas bersedih dengan kematian Uje lantaran ia merupakan pendakwah yang mempunyai ciri khas dalam berceramah.

Kini sang ustaz dimakamkan di tempat Pemakaman Umum Karet Bivak, Jakarta. Wajar saja bila potret kuburannya sederhana karena berada di tempat pemakaman umum yang cukup padat. Akan tetapi, tempat peristirahatan Uje ini cukup mencolok sebab menggunakan batu kuburan dan ukurannya relatif lebih besar daripada makam yang lain.

2. Ustaz Muhammad Arifin Ilham

5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sederhana, Ustaz Jefri Al Buchori (Merdeka.com)

Selanjutnya ada potret makam Ustaz Muhammad Arifin Ilham.

Pendakwah yang meninggal pada 22 Mei 2019 lalu itu dimakamkan di Pondok Pesantren Azzikra, Gunung Sindur, Bogor. Makamanya terlihat cukup besar karena di berada di tempat khusus. Kendati demikian, makam tersebut terlihat sangat sederhana.

3. Syekh Ali Jaber

5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sederhana, Ustaz Muhammad Arifin Ilham (Mitrapol.com)

Syekh Ali Jaber meninggal pada 14 Januari 2021 lalu karena sakit. 

Penceramah berkebangsaan Arab Saudi tersebut dimakamkan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, Tangerang. Walau masyhur sebagai pendakwah di Indonesia, potret makam Syekh Ali Jaber sangat sederhana. Hanya ada batu nisan bertuliskan huruf arab dan makamnya pun sudah dipenuhi rumput tanpa keramik.

4. KH Zainuddin MZ

5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sederhana, Syekh Ali Jaber (Merdeka.com)

Siapa yang tak kenal dengan sosok KH Zainuddin MZ? Beliau merupakan ustaz dengan julukan 'dai sejuta umat' yang semasa hidup acapkali mengisi ceramah di banyak televisi dan radio. KH Zainuddin MZ meninggal pada 5 Juli tahun 2011.

Sang ustaz dimakamkan di belakang masjid Fajrul Islam yang juga dikenal sebagai masjid KH Zainuddin MZ, di Jakarta Selatan. Potret kuburan ustaz KH Zainuddin MZ terbilang sederhana dan tak menggunakan area khusus.

5. Ustaz Tengku Zulkarnain

5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sederhana, KH Zainuddin MZ (Merdeka.com)

Terakhir, ada potret kuburan Ustaz Tengku Zulkarnain. Sang ustaz diketahui meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19, pada 10 Mei 2021 lalu.

Mengutip berbagai sumber, Ustaz Tengku Zulkarnain dimakamkan di Pemakaman khusus Covid-19, di Kelurahan Palasa, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Sama dengan makam da'i sebelumnya, makam ini pun sangat jauh dari kesan mewah dan sangat sederhana. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

5 Potret Kuburan Ustaz Kondang di Indonesia, Jauh dari Kata Mewah dan Tampak Sederhana, Ustaz Tengku Zulkarnain (Grid.id)