Penyebab Kulit Kusam dan Tidak Cerah, Perawatan Mahal Enggak Bakalan Ngefek!

Terlepas dari kondisi kulit, ada beberapa faktor yang akan membuat kulitmu kusam dan susah tampak cerah walaupun sudah melakukan perawatan mahal dan maksimal.

Kulit cerah dan bebas kusam  telah menjadi salah satu standard kecantikan masa kini. Hal ini membuat banyak wanita rela melakukan apapun demi mendapatkannya. Namun sayangnya, beberapa orang justru mengeluh bahwa perawatan mahal yang mereka lakukan sama sekali tidak membawa hasil. Apa penyebabnya?

Faktanya, ada beberapa penyebab yang menghalangi kulit mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan yang kamu lakukan. Hal ini biasanya berkaitan dengan gaya hidup. Apakah kamu juga mengalami hal ini? Mungkin penyebabnya adalah faktor-faktor di bawah ini:

Kelelahan

Masyarakat modern hampir semuanya berhadapan dengan rutinitas terlalu padat. Hal ini menyebabkan kelelahan yang pada akhirnya berdampak pada kondisi kulit dan tubuh. Kurangnya istirahat atau tidur terlalu larut akan membuatmu pucat dan terlihat kusam. Makeup mungkin bisa menyamarkan namun kamu takkan bisa menahannya terlalu lama. 

Sinar Matahari dan Polusi

Penyebab Kulit Kusam (via Grid)

Sinar UV dan polusi adalah musuh utama kulit. Paparan yang berlebihan akan menyebabkan kusam dan berbagai masalah lainnya. Karenanya, kamu perlu memberikan perawatan lebih, misalnya dengan menggunakan sunscreen, rajin mencuci muka, dan mengenakan masker saat berada di luar ruangan. Walaupun tidak sepenuhnya mencegah, setidaknya hal ini bisa meminimalisir kerusakan pada kulit.

Kurang Menjaga Kebersihan

Penyebab Kulit Kusam (via Femina)

Aktivitas padat seharian akan menimbulkan keringat yang mungkin bercampur kotoran. Hal ini akan semakin parah jika kamu terbiasa mengenakan makeup. Karenanya, jika kamu tak rajin menjaga kebersihan dengan mencuci muka, maka wajah akan dengan cepat terlihat kusam dan tidak sehat.

Makanan

Penyebab Kulit Kusam (via Jawa Pos)

Makanan sehat nyatanya tak hanya berdampak pada performa organ tubuh, namun juga kecantikan. Kamu harus rajin mengonsumsi makanan bergizi agar kulitmu tetap sehat. Selain itu, perbanyak minum air putih agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi dan tidak terlihat kering. 

Faktor Genetik

Penyebab Kulit Kusam (via KlikDokter)

Di antara sekian banyak hal, faktor genetik adalah penyebab yang paling mendominasi. Seseorang mungkin saja terlahir dengan kondisi kulit yang gelap, berpigmen, memiliki bitnik-bintik, dan lain sebagainya. Meski demikian, hal ini sama sekali bukan kiamat. Coba kamu lakukan perawatan sebisanya dan pastikan kondisi kulitmu selalu sehat dengan nutrisi yang cukup.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab kulitmu kusam  dan susah cerah walaupun sudah melakukan berbagai perawatan. Intinya, gaya hidup adalah faktor yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai melupakan kebiasaan sehat agar kualitas hidup terus meningkat hingga usia senja.

Penyebab Kulit Kusam (via Realfood)