7 Bagian Kitab Ramayana Yang Menceritakan Kisah Hidup Sri Rama

7 Bagian Kitab Ramayana Yang Menceritakan Kisah Hidup Sri Rama

Kitab Ramayana adalah salah satu peninggalan sejarah yang ditulis oleh Walmiki. Kitab Ramayana menceritakan kisah kepahlawanan Sang Rama, raja terkenal dari India, yang memerintah di Kerajaan Kosala, di sebelah utara Sungai Gangga, dengan ibu kota di Ayodhya.

Di dalam Kitab Ramayana diceritakan tentang kisah Rama dan Shinta atau Sita, inkarnasi dari Laksmi yang merupakan istri Dewa Wisnu. Selain itu, diceritakan pula kepahlawanan Rama dan perjalanannya mengalahkan raksasa Rahwana.

Kitab Ramayana dibagi atas tujuh Saptakanda yang terdiri dari 24.000 sloka (ayat). Berikut bagian-bagian dalam kitab Ramayana.

1. Balakanda

Kitab Balakanda menceritakan tentang Prabu Dasarata yang memiliki tiga permaisuri, yaitu Kausalya, Keikayi, dan Sumitra. Dari ketiga permaisurinya, Prabu Dasarata mempunyai empat putra, yaitu Rama, Bharata, Lakshmana dan Satrughna. Pada kitab ini diceritakan pula kisah Sang Rama yang berhasil memenangkan sayembara dan memperistri Shinta, putri Prabu Janaka.

2. Ayodhyakanda

Kitab Ayodhyakanda menceritakan silsilah keluarga dari Prabu Dasarata. Prabu Dasarata yang telah tua bermaksud menobatkan Rama sebagai putra mahkota dan calon penggantinya. Namun atas permintaan Keikayi, Rama diusir ke hutan rimba selama 14 tahun dan Bharata dinobatkan sebagai pewaris takhta. Saat Prabu Dasarata wafat, Bharata menolak dinobatkan sebagai raja dan menyusul Rama untuk memintanya kembali. Setelah Bharata gagal membujuk Rama kembali ke Ayodhya, ia memerintah kerajaan atas nama kakaknya.

https://id.pinterest.com/

3. Aranyakanda

Kitab Aranyakanda menceritakan kisah Rama, Shinta, dan Lakshmana di tengah hutan selama masa pengasingan. Adik Rahwana yang bernama Sarpanaka muncul dan hidungnya dipotong oleh Laksmana. Sarpanaka melaporkan hal itu kepada Rawana dan menganjurkannya untuk menculik Shinta.

4. Kiskindhakanda

Kitab ini menceritakan tentang Rama yang bersekutu dengan Sugriwa. Rama membantu Sugriwa merebut takhtanya di Kerajaan Kiskenda. Setelah itu, Sugriwa menyuruh Hanoman dan beberapa anak buahnya untuk mencari jejak Shinta yang diculik Rahwana.

https://www.dailyo.in/

5. Sundarakanda

Dalam Kitab Sundarakanda, diceritakan Hanoman tiba di Alengka yang dikelilingi oleh para pengawal raksasa. Meski sempat bertemu dengan Shinta, Hanoman ditangkap dan hampir dihukum mati. Pada akhirnya, Hanuman berhasil meloloskan diri dan membakar hampir seluruh Alengka. Hanoman dan kawan-kawannya kemudian kembali kepada Rama untuk melaporkan keadaan Shinta.

6. Yuddhakanda

Kitab Yuddhakanda bercerita tentang pertempuran panjang antara pasukan Rama dan pasukan Rahwana. Pada akhirnya, Rahwana tewas dibunuh oleh Rama, dan Wibisana dinobatkan menjadi raja Alengka menggantikan Rahwana. Kendati demikian, Rama justru hendak meninggalkan Shinta karena meragukan kesuciannya. Setelah Shinta membuktikan kesuciannya, Rama membawanya pulang ke Ayodhya.

https://www.connectedtoindia.com/

7. Uttarakanda

Kitab ini menceritakan pengusiran Shinta karena rakyatnya menyesali Rama yang mau menerima kembali istrinya setelah berada di tangan Rahwana. Rama meminta Walmiki menjemput Shinta untuk membuktikan kesuciannya. Shinta bersumpah di depan semua orang "Jika aku suci maka Bumi akan menelanku" dan tidak lama kemudian, ia pun ditelan Bumi. Rama akhirnya meninggalkan ibu kota dan pergi menuju Sungai Sarayu, di mana ia meninggalkan tubuhnya dan naik ke surga.

https://id.pinterest.com/