Tahu Nggak Sih Kalau di Pulau-pulau di Indonesia Ini Tersimpan Cadangan Emas Sampai Bermiliar Ton

Cadangan sumber daya alam berupa emas terdapat banyak di Indonesia karena tersebar di beberapa pulau ini

Indonesia dikaruniai sumber daya alam yang melimpah. Emas  menjadi salah satu warisan besar yang dimiliki Indonesia. Jumlah emas di Indonesia berada di urutan kelima. Tak ayal banyak negara-negara lain yang sejak dulu menjajah Indonesia karena ingin mendapatkan emas tersebut.

Kabarnya sampai sekarang total cadangan emas di Indonesia terdapat sekitar 2.600 ton atau kalau dibandingkan dengan total cadangan emas di seluruh dunia, Indonesia menyumbang sebesar 5 persen.

Sementara dara di Booklet Emas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2020 berdasarkan data USGS 2020, Indonesia termasuk dalam negara yang memiliki peran besar dalam menyediakan bahan baku emas secara global. Total kita memiliki bijih emas dengan angka 14,96 miliar ton.

Data itu merinci jika sumber daya logam emas Indonesia mencapai 10 ribu ton, sementara cadangan bijih emas kita mencapai 3,56 miliar ton dengan cadangan logam emas sebanyak 5 ribu ton. Berikut pulau-pulau di Indonesia dengan cadangan emas terbanyak.

1. Papua

Bumi cendrawasih ini sejak dulu memang memiliki sumber daya alam yang sangat besar. Bahkan cadangan bijih emas di Papua mencapai 1,87 miliar ton dengan cadangan logam emas sebanyak 0,0015 juta ton.Sumber day abijih emas sampai 3,2 miliar ton dan sumber daya logam emasnya sampai 0,0002 juta ton.

Makanya di Papua saat ini berdiri perusahaan yang mengelola tambang emas di Papua yakni PT Freeport Indonesia. Sudah puluhan tahun perusaaan tersebut berdiri di Papua untuk melakukan penambangan emas. Meski banyak pro kontra terkait kinerja PT Freeport Indonesia karena ada pengaruh asing yakni Amerika Serikat.

2. Sulawesi

Di urutan kedua ada Sulawesi. Pulau ini ternyata memiliki cadangan emas yang cukup besar dengan bijih emas mencapai 555,05 juta ton. Cadangan logam emas sampai 0,0024 jura ton, dan sumber daya bijih emasnya sampai 1,57 juta miliar ton dan sumber daya logam emas sampai 0,004 juta ton.

Beberapa perusaaan tambang emas sudah melakukan ekspansi di Sulawesi. Misalnya beberapa pertambangan emas berdiri di kawasan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Salah satu perusahaan yang terkenal adalah Indika Energy yang mengelola tambang di Sulawesi Selatan.

Papua Memiliki Cadangan Emas yang Banyak (Liputan6.com)


3. Nusa Tenggara

Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur memiliki banyak cadangan emas sehingga banyak pertambangan di dua lokasi itu.. Cadangan biji emas sebesar 506,9 juta ton dan cadangan logam emasnya sampai 0,0002 juta ton. Sumber daya bijih emas sampai 5 miliar ton dan cadangan sumber daya logam emas sampai 0,002 juta ton.

Sebenarnya ada beberapa pulau lain di Indonesia yang memiliki cadangan emas , seperti Jawa, Sumatera, dan Kalimantan Namun pulau-pulau itu tak menjadi penyumbang cadangan emas sebesar ketiga pulau di atas tadi. 

Sulawesi Memiliki Cadangan Emas yang Banyak (Metro Luwuk)