Selebgram Aceh Ini Dihujat Netizen Setelah Melaporkan Seorang Barista Hanya Karena Hal Sepele

Selebgram Aceh Ini Dihujat Netizen Setelah Melaporkan Seorang Barista Hanya Karena Hal Sepele

Seorang selebgram asal Aceh, Herlin Kenza, lagi mendapat banyak kecaman dari netizen setelah dirinya melaporkan seorang barista kedai kopi. Banyak orang yang menilai bahwa aksi Herlin tersebut benar-benar gak masuk akal.

Semua cerita ini berawal saat Herlin membagikan sebuah video di akun TikToknya (@herlinkenza02). Ia bercerita soal keluhannya tentang pelayanan barista perempuan Starbucks Indonesia yang membuatnya kecewa.

Terlihat, selebgram yang sering menyebut dirinya sebagai ‘Barbie Aceh’ ini memposting screenshot pesan dirinya dengan pihak Starbucks Indonesia. Ia mengaku sangat berterima kasih kepada pihak Starbucks yang telah menanggapi kritikannya itu dengan sangat cepat.

"Terima kasih, sudah menanggapi keluhan saya dengan cepat. Saya sudah kirim cerita detailnya melalui email dan sudah mengirim bukti," tulisnya dalam pesan Direct Message itu seperti dikutip Suara.com, Minggu (26/12/2021).

Dalam videonya, terlihat ia sedang merekam wajah pelayan wanita Starbucks. Tetapi, Herlin malah mematikan suara asli video dan menggantinya dengan backsound musik.

Ia mengaku tak terima dengan perlakuan barista tersebut yang dinilainya kurang ramah. Padahal, barista itu cuma meminta dirinya dengan sopan untuk bergeser menunggu orderannya di bagian pick up.

Ternyata, sikap barista itu malah membuat Herlina gak terima. Alhasil, ia malah merekam wajah sang barista dan melaporkannya langsung ke pihak Starbucks Indonesia melalui Instagram.

Heboh, selebgram Herlin Kenza dihujat netizen karena protes soal barista Starbucks Indonesia di TikTok (tiktok.com)

Tak cuma sampai di situ, Herlina juga langsung menyebarkan videonya itu di TikTok. Ia juga gak menjelaskan lengkap soal kronologi masalahnya dengan barista tersebut.

Namun ternyata, sikap Herlina justru membuat warganet geram. Salah satunya adalah pengguna Twitter bernama @BudePji yang sampai-sampai membuat thread yang berisikan protes soal sikap Herlina yang seperti semena-mena.

Heboh, selebgram Herlin Kenza dihujat netizen karena protes soal barista Starbucks Indonesia di TikTok (tiktok.com)

"Udah begini banget ya situasi selebgram selebtok selebnyuk di Indo. Darurat manners, no heart, yang penting buru-buru ajak para fans untuk bully online rame-rame. Udah mana posting gajeboh, kronologi ngga ada, laporan ke CS juga udah, masih aja mau diblow up lagi. Bgst juga lama-lama," kecam @BudePji.

Akun tersebut juga masih bingung dengan standar kesopanan selebgram tersebut. Apalagi, Herlina juga terlihat tak menuliskan caption apa pun di videonya itu.

"Bude penasaran definisi sopan atau tidak sopannya si mbak seleb ini apa. Biar kita netizen juga bisa make a well-informed judgement terhadap mbak pegawai starbucks. Ngga hanya sepotong-potong liat klip 15 detik bikin aku jadi planga plongo ngga ngerti salahnya di mana," lanjutnya.

"Udah gitu ya, selebnyuk ini viralin muka orang pada ngerti hukum nggak sih? Enak aja main rekam terus upload ke medsos. You are better than this," kritik akun ini.

"Ada hal yang perlu jatuh ke pengadilan netizen, tapi hanya untyk yang bener-bener critical issue. Jangan hal sepele netizen disuruh bully rame-rame," sambungnya.

Dalam kritikannya, akun tersebut juga menjelaskan soal informasi undang-undang mengenai penyebaran wajah orang tanpa izin. Menurutnya, UU ITE pasal 48, siapa pun dilarang buat membagikan wajah orang lain tanpa izin di media sosial dan hal ini bisa dikenakan hukuman 8 tahun penjara dan denda hingga Rp 3 miliar.

"Tuh ya adek-adek. Kalau ada yang main upload wajah-wajah kalian tanpa izin supaya kalian tahu hak kalian di mata hukum juga. Dah sekian dan terima nasi. *Maap emosi campur PMS," pungkasnya.

Heboh, selebgram Herlin Kenza dihujat netizen karena protes soal barista Starbucks Indonesia di TikTok (tiktok.com)