Deretan Miliarder Kulit Hitam Paling Tajir di Dunia

Nah, ini dia deretan miliarder kulit hitam paling tajir di dunia. Mereka jarang terekspos, tapi tajir!

Deretan milarder kulit hitam paling tajir di dunia, emang ada ya? Banyak! Dan kali ini, kita mau bikin ulasan soal itu.

Sejauh ini, deretan orang tajir gak ketulungan itu rata-rata adalah orang kulit putih. Jarang deh orang kulit hitam yang tereskpos, padahal sama-sama tajir sih.

Kita mah sibuk ngomongin atau ngebayangin aja cukup kali ya. Karena butuh kerja keras kalo kalian pengen setajir mereka sekarang juga! Yaudah, disimak nih deretan miliarder kulit hitam paling tajir di dunia.

#10 Mohammed 'Mo' Ibrahim

Miliarder kulit hitam yang satu ini akrab disapa Mo Ibrahim. Ternyata doi adalah salah satu miliarder terkaya di Inggris. Bapak yang satu ini lahir di Sudan dan di Inggris sukses menjalankan bisnis komunikasi.

Tapi doi jual perusahaannya, Celtel International, ke perusahaan asal Kuwait pada 2005 lalu. Dan kini, Mo Ibrahim menjalani misi kemanusiaan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Afrika, tanah kelahirannya.

Mo Ibrahim punya harta kekayaan hingga 1,18 miliar dollar AS atau setara dengan hampir Rp19 triliun! Wuih....

Foto Mo Ibrahim (mrfcj.org)

#9 Folorunsho Alakija

Gak banyak orang yang tau namanya. Dia adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang busana. Waktu dagang busana dulu, salah satu pelanggan Alakija adalah Ibu Negara Nigeria Maryam Babangida.

Alakija emang warga Nigeria. Dan kini, Alakija udah jadi Vice Chairman-nya Famfa Oil. Ini adalah perusahaan yang bermitra dengan Chevron dan Petrobras. Dia adalah salah satu orang terkaya di Afrika.

Di Nigeria, kekayaan miliarder wanita berkulit hitam yang tajir melintir ini mencapai 1,49 miliar dollar AS. Ini Udah lebih dari Rp22 triliun kalo pake kurs Rupiah sekarang.

Foto Folorunsho Alakija (pulse.ng)

#8 Michael Jordan

Siapa lagi yang gak kenal pebasket Michael Jordan? Dia udah jadi mantan pemain basket NBA sih, tapi Jordan ternyata masih dapat keuntungan dari kontraknya bersama Nike. Itu belum termasuk dari kemitraan lainnya sih.

Waktu masih jadi pemain basket dulu, Jordan bisa dapet uang hingga 90 juta dollar AS. Kekayaan mantan pebasket ini mencapai 1,65 miliar dollar AS yang setara dengan Rp25 triliun gengs.

Kini, mantan pemain klub Chicago Bulls ini punya saham klub basket negara bagian Carolina Utara, Charlotte Hornets. Giliran main saham nih, pendapatan om Jordan malah melesat ke atas selama setahun ketimbang as doi masih main basket dulu.

Foto Michael Jordan dulu dan sekarang (stantondaily.com)

#7 Patrice Motsepe

Nama lengkapnya adalah Patrice Tlhopane Motsepe yang dikenal juga sebagai pengusaha pertambangan dan miliarder asal Afrika Selatan.

Motsepe dan istrinya pun punya Motsepe Foundation yang tujuannya adalah memberantas kemiskinan di Afrika Selatan. Ia juga membantu anak-anak muda di sana untuk menyalurkan bakat positif mereka.

Motsepe diketahui menjadi orang terkaya di Afrika Selatan karena memiliki harta hingga 2,6 miliar dollar AS, setara dengan hampir Rp40 triliun gengs!

Foto Patrice Motsepe (buzzsouthafrica.com)

#6 Isabel dos Santos

Wanita ini adalah warga negara Angola yang lahir di Azerbaijan. Dia adalah juga miliarder wanita supertajir asal benua Afrika yang punya harta kekayaan hingga 2,7 miliar dollar AS. Kira-kira hampir Rp41 triliun lah.

Isabel sendiri adalah anak pertama dari mantan Presiden Joe Eduardo dos Santos. Ayahnya memimpin Angola sejak 1979 hingga 2017 kemarin. Kekayaannya berasal pula dari warisan dan segala macam investasi yang keluarganya miliki.

Foto Isabel dos Santos (newvision.co.ug)

#5 Oprah Winfrey

Nah, kalo tante Oprah Winfrey emang udah terkenal supertajir dan dermawan banget. Sosoknya dikenal sebagai pembawa acara bincang-bincang di stasiun televisi Amerika Serikat The Oprah Winfrey Show.

Tante Oprah Gail Winfrey mengalami hidup sulit sejak kecilnya. Tapi ia tak mudah patah semangat dan terus berjuang hingga menjadi dirinya seperti saat ini.

Nenek-nenek berusia 64 tahun ini punya pundi-pundi kekayaan hingga 2,8 miliar dollar AS yang bisa setara dengan hampir Rp43 triliun gengs.... Dermawan pula orangnya.

Foto Oprah Winfrey (variety.com)

#4 Robert F. Smith

Robert Smith awalnya adalah seorang banker di Goldam Sachs. Namun pada tahun 2000, Smith memulai prvate equity firm milik dirinya, Vista Equity Partners.

Keputusannya itu sempat bikin heran para rekan kerjanya. Diremehkan pula. Tapi ternyata Smith berhasil sukses dan masuk ke jajaran miliarder Forbes.

Dalam versi Forbes, Smith berada di peringkat 226 tahun 2017 lalu. Om Smith ternyata punya kekayaan hingga 4,4 miliar dollar AS! Ya, bisa mencapai Rp65 triliun lah kira-kira.

Foto Robert F. Smith (stylemagazine.com)

#3 Mike Adenuga

Adenuga adalah miliarder kulit hitam supertajir asal Nigeria selain tante Alakija tadi. Dia adalah bosnya Globacom, sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Nigeria. Om Adenuga punya saham besar juga tuh di perusahaan minyak Canoil Producing.

Bapak yang satu ini dulu pernah bekerja sebagai sopir taksi pas lagi sekloah di New York, AS. Tapi berkat perusahaan telekominukasi yang juga menjangkau beberapa negara tentagga di Afrika, Mike Adenuga tajir mampus gak ketulungan. 

Doi kini adalah orang terkaya kedua di Nigeria dan jajaran orang supertajir di benua Afrika.

Foto Mike Adenuga (guardian.ng)

#2 Mohammed Hussein Ali Al-Amoudi

Forbes mencatatnya sebagai miliarder terkaya nomer 63 di dunia. Kekayaannya sendiri mencapai 10,8 miliar gengs! Kalo dirupiahkan bisa sampe, hmm... Rp158 triliun. Lebih malah!

Ketajiran bapak-bapak berusia 72 tahun ini ia dapat setelah ia pindah ke Arab Saudi. Itu pas dia masih umur 19 tahun dulu. Doi berasal dari Ethiopia.

Di Arab Saudi, Al-Amoudi bekerja kontrak pemerintah di sektor real estate dan konstruksi. Tapi siapa sangka, bapak 8 anak ini juga punya beberapa lini bisnis. Mulai dari minyak, tambang, hingga agrikultur. Dia juga tinggal di 3 negara, Arab Saudi, Ethiopia, dan Swedia.

Foto Sheikh Mohammed Hussein Ali Al-Amoudi (musliminc.com)

#1 Aliko Dangote

Pria berusia 61 tahun ini adalah miliarder kulit hitam paling tajir gengs! Dangote dikenal sebagai orang paling kaya di seluruh daratan Afrika.

Dangote jadi tajir gak ada obatnya begini semenjak ia berbisnis semen, Dangote Cement. Itu adalah perusahaan semen terbesar di benua Afrika. Ia adalah seorang filantropis yang memiliki The Dangote Foundation. Fokusnya edukasi, agrikultur, dan kesehatan.

Aliko Dangote adalah orang terkaya se-Afrika dengan total kekayaan hingga 13,8 miliar dollar AS. Tapi katanya, kekayaannya menurun tahun 2018 ini menjadi 10,9 miliar dollar AS. Ya, biar gimana juga, dia tetep aja tajir mampus!

Ya itu dia gengs deretan miliarder kulit hitam paling kaya di dunia. Biar kalian tau aja sih, gak cuma orang-orang kulit putih aja kok yang bisa "menginspirasi".

Foto Aliko Dangote (pulse.ng)