Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Otak!

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Otak!

Teh hitam berasal dari Camellia Sinensis, sama seperti teh hijau. Yang membedakan adalah daun tehnya dibiarkan berubah warna menjadi coklat kehitaman melalui proses oksidasi. Teh hitam umumnya memiliki rasa yang lebih kuat dan lebih banyak mengandung kafein daripada teh yang tak teroksidasi.

Teh hitam telah lama dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Teh hitam juga kaya akan antioksidan, katekin, theaflavin, dan thearubigins. Berkat kandungan nutrisinya, teh hitam memiliki banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hitam bagi kesehatan:

1. Menjaga Kesehatan Otak

Mengonsumsi teh hitam dapat melancarkan aliran darah ke otak dan menurunkan risiko gangguan kognitif. Selain itu, kadar kafein dalam teh hitam juga bisa dijadikan alternatif pengganti kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

https://www.pexels.com/

Teh hitam mengandung antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi teh hitam setidaknya 3 gelas per hari dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh, sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Mencegah Obesitas

 

https://www.pexels.com/

Teh hitam mengandung polifenol yang dapat menekan penyerapan lemak dan gula kompleks, sehingga dapat menghambat pertambahan berat badan. Namun, konsumsi teh hitam juga harus diimbangi dengan olahraga teratur guna mencegah obesitas.

4. Mencegah Kanker

https://www.pexels.com/

Senyawa theaflavin yang terkandung di dalam teh hitam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan mengurangi perkembangan sel kanker baru. Namun, konsumsi teh hitam hanya dapat mencegah, tidak untuk mengobati penyakit kanker.

5. Membantu Kontrol Diabetes

https://www.pexels.com/

Teh hitam yang dikonsumsi tanpa tambahan gula sangat baik untuk kesehatan, terutama dalam mengontrol diabetes. Kandungan katekin dalam teh hitam terbukti mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Selain itu, teh hitam juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

https://www.pexels.com/