Terungkap! Ternyata Ini Nama Asli Habib Bahar bin Smith

Terungkap! Ternyata Ini Nama Asli Habib Bahar bin Smith

Nama Habib Bahar bin Smith belakangan ini viral karena dikabarkan terlibat perselisihan dengan Very Idham H alias Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Belum lagi perseteruannya dengan KSAD Jenderal Dudung. Namanya pun kian mewarnai kolom berita nasional.

Dikenal dengan nama Habib Bahar bin Smith, tenyata itu bukan nama asli ulama asal Manado, Sulawesi Utara itu., lho. Hal itu diungkap sendiri oleh Habib Bahar bahwa nama bin Smith itu aslinya adalah bin Sumaith. Alasan Habib Bahar memilih nama bin Smith karena orang Indonesia biasanya memanggil seseorang dengan nama yang mudah diucapkan.

"Jadi itu sebenarnya bin Sumaith, dari huruf sin, mim, ya dan tha, jadinya Shumaith. Cuma kita orang Indonesia karena nggak mau ribet. Sama kayak gini, ada Abu Futaith itu habib juga. Cuma orang nggak mau ribet pakainya Mufaith," jelas Habib Bahar dalam YouTube Karni Ilyas Club, yang tayang pada Kamis (23/12/2021) lalu.

Lantas Habib Bahar menjelaskan bahwa untuk melacak garis keturunan Nabi Muhammad saw atau seorang habib itu melalui dua jalur. Pertama dari jalur Faqihil Muqoddam dan Ammul Faqih. Dia mengatakan Faqihil Muqoddam itu dari garis keponakan sedangkan Ammul Faqih dari garis paman.

Terungkap Nama Asli Habib Bahar bin Smith (Kureta)

"Saya bin Smith itu dari Ammul Faqih, dari jalur paman. Saya (bin Smith) terus Al Aidid, Al Haddad, Walisongo itu dari Ammul Faqih,” ucapnya.

Sedangkan nama habib yang dari jalur Faqihil Muqoddam adalah Assegaf, Al Idrus, Al Athos, Al Habsyi, bin Shahab dan lainnya. Kemudian semua habib itu terjaga garis keturunannya karena dicatat oleh lembaga khusus yang namanya Rabithah Alawiyah.

"Jadi yang menentukan habib atau bukan itu bukan ilmu, muka arab hidung mancung. Yang jadikan habib dia miliki garis keturunan bersambung dengan Rasulullah dan tercatat, maka dia habib. Bukan ilmu, bukan pangkat jabatan," katanya.

Terungkap Nama Asli Habib Bahar bin Smith (Terkini.id)

Garis habib ini tidak bisa dihilangkan karena yang menentukan adalah nasab. Makanya jangan heran, kata Habib Bahar, ada anak kecil atau orang gila itu habib, karena tercatat keturunan Rasulullah.

"Jadi habib beda dengan orang orang berilmu. Jadi gini, kalau ada orang berilmu kemudian dia gila, ilmunya kan hilang. Kalau Habib itu walau gila nggak bisa menghilangkan habibnya karena tersambung dengan Rasulullah," jelasnya lagi.

Terungkap Nama Asli Habib Bahar bin Smith (Media Indonesia)