Tuhan dari Agama Monoteis Ini Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Tuhan dari Agama Monoteis Ini Pasti Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Agama monoteis atau sering juga disebut Agama Samawi adalah agama yang meyakini konsep Tuhan itu satu, sempurna, tak berubah, pencipta seluruh alam semesta, dan sebagai entitas yang tertinggi. Berdasarkan konsep monoteisme, Tuhan adalah Dzat yang berperan dalam penciptaan dan menguasai dunia serta layak disembah oleh semua ciptaan-Nya.

Beberapa agama terbesar di dunia ini yang menganut ajaran monoteis adalah Islam, Yahudi, dan Nasrani. Ketiga agama ini mengajarkan bahwa Tuhan itu hanya satu dan wajib disembah. Mungkin kita sering mendengar nama Tuhan dari ketiga agama ini, yaitu: Yahweh dalam agama Yahudi; Bapa atau Yesus dalam Kristen; Allah dalam Islam. Namun, kamu pasti jarang atau bahkan belum pernah mendengar nama Tuhan dari agama monoteis berikut ini. Inilah Tuhan dari Agama Monoteis yang namanya pasti belum pernah kamu dengar.

1. Hayyi Rabbi

Hayyi Rabbi adalah Tuhan yang dipercaya oleh orang beragama Mandaens. Penganut agama ini melakukan ritual-ritual yang dipercaya masih sama seperti yang Ibrahim lakukan di masa lalu. Agama ini sangat tua dan ada sebelum Yahudi, Islam, dan Nasrani mulai menyebar dan dianut oleh banyak orang di seluruh dunia. Orang Mandaens selalu merepresentasikan Tuhannya dengan salib yang di sekelilingnya diberi sutra putih sebagai perlambang suatu kekuatan yang maha suci dan maha besar.

2. Hypsistos

https://en.wikipedia.org/

Hypsistos adalah Tuhan atau dewa yang dipercaya orang-orang Yunani pada tahun 400 SM. Tuhan ini digambarkan sebagai sosok yang sangat kuat dan mampu memberikan berkah dan juga kesembuhan kepada semua orang yang ada di dunia. Hypsistos juga kerap dianggap sebagai turunan dari Zeus yang merupakan dewa tertinggi di mitologi Yunani. Dalam beberapa kepercayaan seperti Yahudi dan Pagan, Hypsistos juga ada sebagai salah satu dewa yang memiliki kekuatan paling tinggi.

3. Haneulnim

https://en.wikipedia.org/

Hanulnim adalah Dewa yang berasal dari agama kuno di Korea. Sebenarnya mereka meyakini banyak sekali dewa, namun hanya Hanulnim yang paling ditinggikan kedudukannya. Hanulnim merupakan representasi penguasa surga dan segala hal baik yang diterima oleh manusia.

4. Alekh

https://en.wikipedia.org/

Mahima Alekh adalah Tuhan yang dipercaya oleh penganut kepercayaan Mahima Dharma di India. Mahima Dharma menekankan pada sebuah tradisi ke-Esa-an Tuhan. Mahima Alekh adalah satu-satunya Tuhan yang mereka agungkan. Agama ini lambat laun mengalami peningkatan dalam jumlah pengikutnya. Saat ini Mahima Dharma menjadi salah satu agama paling tenar di India karena memiliki konsep yang sangat unik dan beda dengan yang lain.

5. Shangdi

https://travelsnwrite.com/

Shangdi adalah Tuhan yang dipercaya masyarakat Cina di dinasti Shang. Tuhan yang mereka percaya ini mampu menciptakan alam dan mengendalikan semua cuaca yang ada. Ia berada pada tingkatan tertinggi para raja yang menguasai dataran Cina kala itu. Shangdi selalu digambar seperti manusia. Namun sebenarnya ia hanyalah seseorang yang dimasuki jiwa dari Tuhan yang mereka percaya. Dengan masuknya jiwa ini, maka siapa saja bisa berkomunikasi dengan Tuhannya. Jika waktunya telah usai maka Tuhan ini akan pergi dan lahir dalam bentuk yang lain.

https://www.datuopinion.com/