Tips Mengolah Cumi Agar Tidak Alot

3 tips ampuh mengolah cumi agar tidak alot

Cumi-cumi memang salah satu makanan laut yang cara mengolahnya gampang-gampang sulit karena salah sedikit saja, maka akan terasa alot. Kamu juga termasuk salah satu yang suka kesulitan saat mengolah cumi-cumi? Kalau iya, yuk simak tips mengolah cumi agar tidak alot di bawah ini. 

Masak Sebentar atau Lama Sekalian 

Saat memasak cumi, waktu menjadi kunci penting yang mempengaruhi hasil jadi makanan ini. Sebaiknya masak cumi-cumi dengan panas tinggi secara cepat atau menggunakan panas rendah secara lama. Kalau memasak di antara kedua cara tersebut maka cumi-cumi akan terasa alot. 

Durasi masak cumi paling sebentar sekitar 2-3 menit, kalau lebih dari itu bisa masak kira-kira selama 30-60 menit. 

Rebus Selama 1 Menit

Jika ingin marinasi cumi-cumi, kamu bisa lakukan dengan metode blanching. Rebus cumi-cumi bersih dalam air mendidih selama tidak lebih dari satu menit. Lalu segera masukkan ke air es agar proses masak cumi-cumi berhenti, lalu marinasi cumi-cumi. Jika dibuat masakan berkuah, masukan cumi-cumi beberapa menit sebelum diangkat dan disajikan. 

((Shutterstock-SORRAYUCH RUNGRUEANG))

Goreng Cumi Maksimal 5 Menit 

Durasi menggoreng cumi-cumi juga tidak boleh terlalu lama. Pastikan minyak goreng telah panas, lalu goreng cumi-cumi secara berkala. Pastikan dalam satu wajan tidak terlalu penuh dan masih ada ruang tersisa. Goreng 2-3 menit atau maksimal 5 menit. Jika sudah cokelat keemasan, langsung angkat dan sajikan. 

((SHUTTERSTOCK-PORING STUDIO))