Tips Mengolah dan Memasak Jamur Kancing Biar Nggak Bau

Tips Mengolah dan Memasak Jamur Kancing Biar Nggak Bau

Jamur merupakan salah satu filum tertua di dunia, karena daya tahan yang tinggi, dan ketersediaan yang melimpah, manusia memanfaatkan bahan olahan untuk dimakan, Tetapi bukan berarti semua jamur dapat dimasak yaa? Beberapa jamur justru beracun dan berbahaya bagi manusia.

Dari segenap jenis jamur yang ada di muka bumi, ada beberapa jenis yang telah dikenal untuk dikonsumsi,  Ada jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing, dan masih banyak lagi.

Jamur memiliki tekstur yang kenyal dan memiliki rasa gurih. Namun permasalahan terbesar dalam mengolah masakan jamur adalah menghilangkan bau yang mengganggu seperti bau kayu basah, lalu bagaimana cara memasak jamur agar tidak bau? Yuk kita simak artikel dibawah ini.

1. Pilih jamur dengan kualitas yang baik.

Setelah dipetik, umur dan kesegaran jamur dihitung mundur. Jika kamu membeli jamur yang terlalu tua, maka teksturnya akan keriput dan berlendir. Sebaiknya kamu pilih yang masih fresh, kering dan tidak terlalu keriput, karena jamur yang telah berumur memiliki aroma yang mengganggu.

2. Lumuri jamur dengan jeruk nipis

https://selfhacked.com/app/

Setelah me-marinasi jamur dengan bumbu-bumbuan seperti garam, bawang dan merica, maka jika kamu ingin menghilangkan bau jamur yang dirasa tidak menyenangkan bagi beberapa orang, berilah sedikit perasan jeruk nipis agar aroma yang kurang sedap tersebut tertutupi.

3. Cuci jamur kancing dengan benar

https://miro.medium.com/max/

Cuci jamur agar bersih dari bau-bau tidak sedap serta zat-zat kimia seperti pupuk kimia. Bersihkan jamur perlahan dan satu persatu, hindari mencuci dengan air mengalir karena akan membuat jamur menjadi bertekstur lembek.

4. Masak dengan cepat

http://anekatop10.com/wp-content/uploads/

Masak jamur dengan api besar dalam waktu yang singkat, tujuannya agar jamur tidak overcook serta merusak tekstur dari jamur itu sendiri. Jika kamu nggak bisa menerima bau jamur, kamu bisa gunakan bumbu dan rempah untuk menutupi aroma jamur.

https://panennews.com/