Biksu-Biksu Buddha Ini Sangat Terkenal di Sejarah Jepang, Kalau Kamu Suka Budaya Jepang, Pasti Pernah Sesekali Mendengar Namanya

Biksu-Biksu Buddha Ini Sangat Terkenal di Sejarah Jepang, Kalau Kamu Suka Budaya Jepang, Pasti Pernah Sesekali Mendengar Namanya

Agama asli jepang adalah Shinto, tetapi selain shinto, ternyata agama buddha memiliki penganut yang berjumlah cukup besar di tanah matahari terbit. Dan persebaran agama Buddha ini tidak terlepas dari kontribusi Biksu Jepang.

Ada beberapa Biksu yang telah menjadi besar namany atas jasanya mengajarkan Buddhism di tanah jepang, dan beberapa diantaranya kamu juga pasti nggak asing lagi karena sering baca atau dengar.

Nah yuk kita simak artikel berikut ini mengenai Biksu paling berpengaruh dalam ajaran Jepang.

1. Benkei

Benkei dikenal sebagai biksu yan bertubuh besar menyerupai raksasa. Sejak muda Benkei telah tergabung sebagai biara Buddha dimana pada masa itu merupakan sekolah semi militer.

Di Universitas semi militer ini, ia diajarkan cara bertarung menggunakan naginata, naginata ini adalah senjata semacam tombak. Dengan postur yang besar, Benkei mampu mengeluarkan semua potensi tempur dari tombak ini. 

Setelah lulus, Benkei menjadi seorang pertapa untuk merenungjan arti hidupnya. Dia akhirnya memutuskan bahwa hidup akan lebih baik jika orang jahat tak memiliki senjata

2. Kakusan-ni 

https://www.kendo.web.id/

Biksu wanita atau Biksuni, sudah menjadi hal yang wajar di Jepang. Karena janda dari Daimyo biasanya dipaksa untuk menjadi seorang Biksuni. Dan Kakusan-ni merupakan istri dari Hojo Tokimune yang sempat menguasai Jepang.

Setelah kematiannya pada 1284, Kakusan-ni mendirikan kuil Tokeji di kota Kamakura. Ia membuat kuil ini sebagai tempat perlindungan bagi istri yang tersiksa dan melarang pria menginjakkan kaki di kuil ini.

Setelah beberapa tahun, kuil ini tidak hanya menjadi tempat perlindungan bagi para wanita, namun juga menjadi biro perceraian, sehingga kuil ini dijuluki kuil perceraian.

3. Genno Shinsho

https://www.tokyoweekender.com/wp-content/

Genno shinsho adalah seorang biksu yang terkenal dengan kemampuan pengusiran setan atau exorcism. Salah satu permasalahan yang berhasil diatasinya dan melejitkan namanya adalah ketika berhasil melakukan exorcism untuk membungkan semua katak di Kolam Sugatami dan membantu seorang dewi ular yang stress melahirkan.

Selain Dewi ular, Genno Shinso juga pernah menyelesaikan kegaduhan yang dilakukan oleh Tamamo no Mae, yaitu rubah ekor sembilan yang berwujud wanita cantik. Singkat cerita Spirit dari rubah ini merasuki sebuah batu dan mengeluarkan gas beracun.

Genno shinso membaca sutra atau mantra pada batu ini lalu membelahnya dengan sebuah paku, melepaskan yokai tersebut dari dalamnya. Ia lalu menggelar sebuah upacara agar Tamamo dapat beristitrahat dengan tenang. Keren!

https://www.ancient-origins.net/sites/default/