Ini Dia 3 Deretan Wanita Terkaya di Indonesia Menurut Forbes

Ini Dia 3 Deretan Wanita Terkaya di Indonesia Menurut Forbes

Majalah Forbes pada Rabu (15/12/2021) merilis 3 wanita yang masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun ini. Siapa sajakah mereka? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini.

# Marina Budiman

Marina Budiman adalah pendiri DCI Indonesia yang saat ini diketahui punya kekayaan hingga U$ 1,5 miliar dan menempati posisi ke 30 dari daftar tersebut.

Saat ini, Marina telah berusia 60 tahun. Awal karirnya dimulai bersama Otto Toto Sugiri di tahun 1985 di perbankan, lalu bergabung dengan Sigma Cipta Caraka pada tahun 1989.

Marina berfokus di bidang teknologi dan mendirikan Indonet pada tahun 1994. Indonet sendiri merupakan jasa layanan internet pertama di tanah air. Berjalan cukup lama hingga kemudian ia mendirikan DCI pada 2011 bersama Otto.

# Arini Subianto

 

Tiga wanita yang masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia (kompas.com)

Berikutnya adalah Arini Subianto, anak tertua dari seorang pengusaha Benny Subianto. Ketika Benny meninggal dunia di tahun 2017, Arini menjadi pewaris kerajaan sang ayah yang memiliki nilai triliunan.

Saat ini, Arini tercatat sebagai Presiden Direktur Persada Capital Investama, induk perusahaan dari sejumlah perusahaan. Anak usaha dari Grup Persada ini bergerak di bidang pengolahan kayu, kelapa sawit, karet hingga batu bara.

Selain itu, Persada Capital juga tercatat sebagai pemegang saham minoritas di  PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Mereka juga aktif berinvestasi di beberapa perusahaan rintisan sejak tahun 2017. 

Menurut laporan Forbes, saat ini harta kekayaan Harta Arini mencapai US$ 975 juta dan mendapati urutan ke 44 orang terkaya di Indonesia.

# Kartini Muljadi

Tiga wanita yang masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia (kompas.com)

Terakhir ialah Kartini Muljadi, sosok yang tak lagi asing di dunia farmasi Indonesia. Memiliki grup farmasi terbesar di Tanah Air yaitu PT Tempo Scan Pacific, Kartini juga diketahui memiliki firma hukum Kartini Muljadi dan Rekan yang berada di kawasan Sudirman, Jakarta.

Di usianya yang  mencapai ke 91 tahun, Kartini diketahui memiliki harta senilai US$ 695 juta dan berada di posisi ke 50 daftar orang terkaya RI.

Tiga wanita yang masuk ke dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia (kompas.com)