Tips Mengusir Rasa Ngantuk dan Lelah Di Tempat Kerja Biar Tetap Produktif

Tips Mengusir Rasa Ngantuk dan Lelah Di Tempat Kerja Biar Tetap Produktif

Mengantuk adalah hal biasa dan normal ketika kita terlalu lelah bekerja. Namun, apa jadinya jika rasa lelah dan ngantuk datangnya malah saat kita masih di tempat kerja? Tentunya hal itu akan mempengaruhi performa dan produktivitas kerja kita. Bisa-bisa malah kena semprot Pak Bos, xixixi.

Ada banyak cara menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja. Ini penting untuk diketahui buat jaga profesionalitas dan produktivitas dalam bekerja. Cara mengusir ngantuk dan lelah di tempat kerja yang perlu kita terapkan sebenarnya nggak luput dari pola aktivitas yang kita jalani sebelum berangkat kerja dan selama bekerja. Soalnya, beberapa kebiasaan terbukti efektif buat mengusir rasa kantuk dan lelah.

Berikut ini adalah beberapa tips buat mengusir rasa ngantuk dan lelah di tempat kerja:

1. Nggak Menatap Layar Komputer Terus-Menerus

Mata lelah dan pikiran yang sumpek karena terus-terusan lihat layar komputer bisa membuat kamu lelah dan ngantuk. Jadi, alihkan mata dan perhatianmu dari layar komputer sesekali ke hal lain secara berkala untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

2. Mengatur Pernapasan

https://www.pexels.com/

Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Untuk itu, saat merasa ngantuk, coba buat atur pernapasanmu kembali. Caranya yaitu dengan menarik napas dalam-dalam menggunakan perut, kemudian tahan sejenak dan hembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

3. Minum Air Putih yang Cukup

https://www.pexels.com/

Dehidrasi bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk dan lelah. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi air putih yang cukup, seenggaknya 1 gelas besar setiap jamnya.

4. Minum Minuman yang Mengandung Kafein

https://www.pexels.com/

Salah satu cara mengusir ngantuk dan lelah di tempat kerja yang populer adalah mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh. Kafein memang dapat mengusir rasa kantuk, tapi kamu disarankan untuk mengonsumsi secangkir kopi aja. Minum kopi dapat memicu dehidrasi, yang kemudian bisa menambah rasa lelah. Jadi jika ingin minum kopi, pastikan kebutuhan air putihmu tetap tercukupi. Selain itu, hindari minum kopi di sore hari agar kamu tidak sulit tidur di malam harinya.

https://www.pexels.com/