Mengintip Keunikan Rumah Adat Tongkonan yang Filosofis Abis

Tongkongan adalah nama dari rumah adat Sulawesi Selatan, tepatnya Tana Toraja. Seperti halnya di daerah lain, keunikan rumah adat tongkonan memiliki ciri khasnya tersendiri.

Bagi kamu yang pernah melakukan perjalanan ke Pulau Sulawesi, tentu tidak asing lagi dengan nama Tongkonan. Yup, Tongkongan adalah nama dari rumah adat Sulawesi Selatan, tepatnya Tana Toraja. Seperti halnya di daerah lain, keunikan rumah adat tongkonan  memiliki ciri khasnya tersendiri.

Nama rumah adat ini berasal dari kata tongkon yang berarti menduduki atau tempat duduk. Nah, bagi kamu yang belum sempat mengunjungi Tana Toraja, berikut ini deretan keunikan rumah adat tongkonan.

Rumah Panggung

Rumah adat tongkonan memiliki bentuk persegi panjang dan terbuat dari lembaran papan dan batang kayu. Ciri khas tongkonan terletak pada jenis rumah yang dibangun, yakni Rumah Panggung.

Bentuk Atap Seperti Perahu

Keunikan Rumah Adat Tongkonan (via IDN Times)

Keunikan lain dari rumah adat tongkonan adalah bentuk atapnya yang seperti perahu, yakni berbentuk melengkung dengan kedua ujung yang menjulang. Sedangkan untuk bahannya, atap rumah tongkonan terbuat dari tumpukan bilah bambu yang dilapisi dengan rumbia, alang-alang, atau ijuk.

Tanduk Kerbau

Keunikan Rumah Adat Tongkonan (via Grid)

Jangan kaget ketika kamu mengunjungi rumah tangkonan dan menemukan tanduk kerbau pada tiang utama bangunan. Tanduk kerbau itulah ciri khas rumah tangkonan yang jarang ditemukan di daerah lain. Tidak hanya sekadar hiasan, tanduk kerbau tersebut juga sebagai lambang tingkat ekonomi si pemilik rumah.

Rahang Kerbau dan Babi

 

Keunikan Rumah Adat Tongkonan (via IDN Times)

Selain tanduk kerbau, rumah tongkonan juga dihiasi rahang kerbau dan babi. Rahang kerbau diletakkan pada bagian kiri rumah yang menghadap ke arah barat. Sedangkan rahang babi diletakkan di bagian kanan rumah yang menghadap arah timur.

Menghadap ke Utara

Keunikan Rumah Adat Tongkonan (via Kompasiana)

Keunikan selanjutnya adalah rumah tongkonan  selalu dibangun dengan bagian depan rumah menghadap ke utara. Hal itu bukanlah tanpa alasan, bagi masyarakat adat setempat, arah utara merupakan arah bagi Sang Pencipta, yakni Puang Matua. Itulah beberapa keunikan rumah adat tongkonan yang dapat kamu saksikan saat mengunjungi. 

Keunikan Rumah Adat Tongkonan (via RupaRupa)