4 Cara Menurunkan Gula Darah, Praktis Tanpa Obat

Cara menurunkan gula darah tidak hanya bisa dilakukan dengan obat-obatan saja, akan tetapi bisa juga dengan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Diabetes termasuk penyakit yang paling banyak diderita di dunia. Untuk mencegah penyakit berbahaya ini, kamu perlu menjaga gula darah agar tetap normal. Cara menurunkan gula darah  tidak hanya dengan obat, tetapi bisa juga dengan cara-cara yang alami dan praktis. 4 cara praktis berikut ini dapat membantu menurunkan gula darah. Lakukan secara rutin!

1. Pantau Kadar Gula Darah Secara Rutin

Lakukan cek kadar gula darah setiap beberapa hari sekali. Jika gula darah sudah mulai naik, segera lakukan langkah pencegahan untuk menormalkannya kembali.

2. Makan Ikan Lebih Banyak

Cara Menurunkan Gula Darah (via Hello Sehat)

Biasakanlah untuk makan ikan minimal dua kali dalam seminggu untuk mengurangi konsumsi daging yang lain. Ikan tidak mengandung gula, justru punya banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti omega-3, vitamin D, dan vitamin B2.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Cara Menurunkan Gula Darah (via Sajian Sedap)

Untuk menurunkan gula darah, kurangi konsumsi minuman manis dan minum air putih yang cukup. Hal ini akan memperlancar fungsi kerja ginjal untuk menyaring gula berlebih dalam darah yang kemudian akan keluar bersama urine.

4. Konsumsi Makanan yang Berserat

Cara Menurunkan Gula Darah (via Grid Hype)

Dengan mengonsumsi makanan yang berserat, karbohidrat dan gula akan terserap lebih lambat. Sehingga, peningkatan kadar gula juga akan terhambat. Namun, perlu dicatat bahwa serat yang dimaksud adalah serat yang dapat larut air, ya, seperti alpukat, pir, wortel, apel, brokoli, ubi, gandum, kacang polong, dan buah-buahan citrus.

Itu dia 4 cara menurunkan gula darah  secara alami dan praktis. Kuncinya adalah jalani gaya hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga dan kelola stresmu, ya!

Cara Menurunkan Gula Darah (via HonestDocs)